Banyak Program Askot PSSI Balikpapan Tak Jalan selama 2020

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Tak banyak yang bisa dilakukan Askot PSSI Balikpapan selama 2020. Program banyak yang tak bisa dijalankan. Seperti turnamen kelompok umur. Mengingat selama 2020 kompetisi sepak bola Indonesia pun ditangguhkan langsung oleh induk sepak bola, PSSI.

Praktis hal itu berdampak ke daerah-daerah mulai dari Asprov hingga Askot. Di Balikpapan sendiri yang tidak jalan antara lain kompetisi Piala Soeratin U13, U15, dan U17. Tak hanya di Balikpapan, daerah lain juga tidak bisa jalan karena mesti satu arahan dari pusat.

“Jadi selama Maret sampai dengan Desember 2020 tidak ada aktivitas sepak bola yang resmi. Karena memang situasi pandemi seperti ini,” ujar Sekretaris Askot PSSI Balikpapan Warsito, Rabu 13 Januari 2021.

Disinggung soal tak menggelar kompetisi Divisi Askot PSSI, Warsito menjelaskan bahwa fokus dari Askot pada pembinaan kelompok umur.  Adapun klub yang ingin mengejar prestasi bisa mengikuti kompetisi Liga 3 yang penyelenggaran dilakukan Asprov PSSI. Dari sana klub bisa mengukur sejauh mana kemampuan mereka.

“Kalau kompetisi di Askot PSSI itu sudah tidak ada. Karena dari pusat masing-masing daerah itu tugasnya pembinaan kelompok umur. Kalau mau gelar kejuaraan seperti Wali Kota Cup ya tidak masalah. Orientasinya sekadar hiburan saja.Bukan pembinaan,” terangnya.

Sementara itu untuk tahun 2021, PSSI Balikpapan tinggal menjalankan program yang tidak jalan pada 2020. Termasuk seleksi pemain Pra Porprov yang sudah berjalan.

“Sudah bentuk tim Pra Porprov dan rutin latihan. Hanya saja sedikit terganggu dengan kabar Pra Porprov itu di awal 2022 nanti,” kata Warsito. (fdl/ava)

Leave A Reply