4 SMK Pusat Keunggulan di Kaltara

TANJUNG SELOR, DISWAY – Upaya pengembangan SMK dengan program keahlian tertentu, bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kinerja yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan industri, dunia usaha, dan dunia kerja (IDUKA), serta menjadi SMK rujukan dan pusat peningkatan kualitas kinerja SMK, atau SMK pusat keunggulan (PK).

Pada 2020 lalu, sebanyak 4 SMK di Kaltara dikembangkan menjadi SMK PK. Yakni SMK Negeri 1 Tanjung Selor, SMK Negeri 1 Sebatik Barat, SMK Negeri 1 Tarakan, dan SMK Negeri 2 Tarakan.

Dengan ditetapkannya satuan pendidikan menjadi SMK PK, artinya sekolah tersebut juga berhak atas bantuan pemerintah. Fasilitasi SMK yang dikembangkan menjadi pusat keunggulan.

“Bantuannya berupa pelatihan guru dan siswa. Ditambah dengan gedung baru yang nilainya bisa mencapai Rp 3 miliar, atau tergantung kebutuhannya,” kata Amad, Kepala Bidang Pembina SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltara, Senin (11/1).

Salah satu contohnya, adalah bangunan gedung baru SMK Negeri 1 Tanjung Selor. Yang pembangunannya dimulai pada Oktober 2020, dengan masa kerja pembangunan selama 120 hari, dan direncanakan selesai pada akhir Januari 2021.

“Bangunannya hanya 1 lantai, namun kita buat tinggi. Agar tampilannya lebih inovatif dan menarik. Dan, saat ini semua hampir selesai tinggal finishing,” ujarnya.

Tahun ini, selain mempertahankan yang sudah ada, agar bantuannya dapat terus berlanjut, juga akan mendorong dan mengupayakan ada penambahan SMK PK di Kaltara, dan secara bertahap akan diupayakan untuk menaikkan semua status SMK di Kaltara.

“Yang sudah ada, akan terus divaluasi, dan kita juga akan terus mengusulkan untuk SMK PK baru di Kaltara,” ujarnya. HMS/REI

Leave A Reply