Agus Tantomo Dilantik sebagai Bupati Berau

SAMARINDA, nomorsatukaltim.com – Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor melantik Agus Tantomo sebagai Bupati Berau. Untuk sisa masa jabatan periode 2016-2021. Pengambilan sumpah dan pelantikan Agus Tantomo tergolong istimewa karena bertepatan dengan HUT ke-64 Kaltim, pada Sabtu, (9/1/2021).

Kepala Biro Humas Setdaprov Kaltim, Muhammad Syafranuddin, menerangkan pengangkatan Agus Tantomo berdasarkan SK Mendagri Tanggal 28 Desember 2020 tentang Pengesahan Pengangkatan Bupati dan Pengesahan Pemberhentian Wakil Bupati Berau, Kaltim.

“Pelantikan Agus Tantomo sebagai Bupati Berau karena Bupati Muharram telah wafat, dan sesuai pasal 173 ayat 1 UU Nomor 10 Tahun 2016 karenanya perlu diangkat bupati definitif untuk kelancaran pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan,” terangnya.

Sebelumnya, Agus Tantomo merupakan Wakil Bupati Berau Periode 2016-2021 mendampingi Muharram berdasarkan SK Mendagri tanggal 12 Februari 2016. Keduanya memimpin Berau sejak tanggal 15 Februari 2016, namun dalam perjalanan Bupati Muharram wafat karena COVID-19.

Kemudian pada 22 September 2020,  Mendagri menerbitkan SK Pemberhentian Muharram sebagai Bupati Berau. Dan roda kepemimpinan dilanjutkan Agus sebagai Pelaksana Tugas (Plt).  Sesuai UU Pemda, tanggal 3 November 2020, DPRD Berau menggelar rapat paripurna dengan keputusan mengusulkan Agus Tantomo sebagai Bupati Berau untuk sisa masa jabatan Tahun 2016-2021.

Ditemui pasca pelantikan, ia mengatakan selama menjabat sebagai bupati akan berkonsentrasi pada penanganan COVID-19.

“Inikan hanya beberapa hari, kurang lebih 40 hari dan memang tidak banyak yang dilakukan dengan waktu sesingkat itu. Tapi kalau melihat situasi sekarang, saya lihat bukan hanya Berau namun seluruh kepala daerah manapun di Indonesia sekarang berfokus pada COVID-19,” ucapnya.

Di samping itu, ia akan menjalankan peran dan tugas sebagai bupati sesuai dengan tupoksi.  “Lain-lainnya saya kira rutinitas saja,” pungkasnya. (krv/yos)

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply