alexa
disway ntt malang

Awal 2021 Pemkab Kutim Coba-Coba Absen Online, Kasmidi: Untuk PNS Dulu

Kutim, nomorsatukaltim.com – Pemkab  Kutim akan menerapkan absensi online bulan ini. Tidak lagi secara manual. Plt Bupati Kutim, Kasmidi Bulang menegaskan hal demikian.

Tahap pertama pemkab sosialisasi dulu kepada seluruh ASN. Bahwa sistem absensi kini secara online. Tidak lagi manual atau memakai sistem sensor jari.

“Kami coba dulu Januari ini. Apakah bagus atau tidak, nanti akan kami evaluasi kembali. Jadi sosialisasi dulu terkait proses ini,” ucap Kasmidi.

Sistem absensi ini penerapannya dengan metode swafoto. Dengan bantuan aplikasi khusus di tiap smartphone ASN, maka proses absensi akan berjalan. Absensi online ini berbasis GPS. Sehingga kantor dapat melacak dan memantau posisi absen pegawai secara langsung.

“Mode absensi pun macam-macam. Mulai absensi regular masuk kantor, WFH atau kerja dari rumah hingga absen perjalanan dinas. Semuanya akan terpantau,” bebernya.

Nama sistem absensi ini Absen Online Selfie (SENFIE). Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kutim akan menyiapkan data seluruh pegawai. Kemudian data disinkronkan dengan aplikasi untuk bisa dipakai. “Dalam waktu dekat sudah bisa dipakai absen online ini. Kami juga sudah bahas ini dalam rakor kepegawaian,” kata Kasmidi.

Untuk sementara absensi online ini berlaku bagi PNS. Mengingat datanya sudah terkumpul. Absensi Tenaga Kerja Kontrak Daerah (TK2D) menyusul. Setelah absensi PNS berjalan.

“Selain absensi juga ada e-kinerja dan inputan kegiatan harian, muara akhir nantinya sebagai dasar perhitungan insentif, TTP atau tunjangan kinerja,” pungkasnya. (bct/boy)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply