Pendaftaran Vaksin COVID-19 Gratis Bakal Dilakukan Pertengahan 2021

Kukar, nomorsatukaltim.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) membuka peluang pendaftaran penerima vaksinasi untuk COVID-19. Meskipun gratis, itu dilakukan agar pendataan bisa dilakukan secara faktual.

Hal itupun ternyata sudah dirapatkan oleh internal Pemkab Kukar. Meliputi Dinas Kesehatan (Diskes) Kukar serta Tim Satuan Tugas (Satgas) COVID-19.

“Iya Insyaallah akan terapkan (pendaftaran vaksin),” ujar Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kukar Sunggono dikonfirmasi nomorsatukaltim.com belum lama ini.

Namun sesuai arahan dan komitmen awal. Tetap tenaga kesehatan (nakes) jadi urutan pertama penerima vaksin buatan Sinovac. Diikuti personil dari sektor pelayanan publik. Dalam hal ini TNI-Polri, Satpol PP, Dishub, ASN pelayanan publik dan administrasi, hingga pejabat daerah.

Senada dengan Sunggono, Kepala Diskes Kukar Martina Yulianti memastikan membuka layanan pendaftaran. Tapi masyarakat harus bersabar. Menunggu jatah vaksin selanjutnya. Tetap mendahulukan nakes, baik untuk pasien kasus COVID-19 atau nakes untuk pasien umum. Jadi diperkirakan sekitar pertengahan 2021 nanti.

“Untuk masyarakat belum, nanti masih lama,” ujar Martina.

Untuk skema layanan pendaftaran. Meskipun gratis tidak dipungut biaya sepeserpun, masyarakat wajib tetap mendaftar.

“Oh iya nanti ada buka pendaftaran juga,” pungkas Martina.

Diketahui, dari jumlah jutaan vaksin COVID-19 yang datang ke Indonesia. Secara berurutan Kalimantan Timur mendapatkan jatah sekitar 25 ribu dosis, dan 3.800 dosis untuk Kukar.

Namun hingga kini, vaksin yang direncanakan disuntikkan pada medio Januari 2021 nanti belum bisa digunakan segera. Masih menunggu izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan. (mrf/zul)

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply