Siap jika Dibutuhkan

Rumah Sakit Darurat (RSD) bakal dibuka, tentu dibutuhkan tenaga kesehatan. Eks relawan ataupun tenaga kesehatan COVID-19 yang pernah bertugas di rs tersebut, siap jika dibutuhkan.

Seperti diketahui, RSD nantinya di bawah naungan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Abdul Rivai. Bahkan di media sosial resmi milik rumah sakit plat merah tersebut, membuka formasi bagi perawat dan bidan, dalam penanganan wabah.

Meski demikian, terkait formasi tersebut, dari manajemen RSUD dr Abdul Rivai, belum ada satu pun yang memberikan keterangan. Terutama Direktur Nurmin Baso. Saat dihubungi tidak merespons malam tadi (17/12).

Mantan salah satu dokter RS Darurat COVID-19 Berau, Yussely Dinda Pratiwi mengaku,siap kembali jika memang dipercaya untuk bertugas kembali di RS Darurat.

“Tadi sih sudah komunikasi dengan teman-teman dokter yang sempat di RS Darurat, katanya sih siap aja kalau dipanggil kembali,” ujarnya kepada Disway Berau, Kamis (17/12).

Dalam pantauannya, saat ini yang sedang dicari adalah perawat. Dan beberapa perawat yang pernah bertugas di RS Darurat pun bersedia untuk kembali mengabdi menjadi pejuang COVID-19.

“Rata-rata tim perawat menyatakan siap juga untuk kembali,” katanya.

Lanjutnya, RS Darurat berbeda dengan yang lalu. Di mana, saat itu, yang dirawat hanya rapid reaktif ataupun pelaku perjalanan dan orang yang diduga terpapar COVID-19.

Yussely menyebut, RS Darurat berada di bawah naungan RSUD dr Abdul Rivai. Yang artinya, sebagai seorang ASN Dinas Kesehatan, dirinya tidak bisa terlibat dalam penanganan tersebut.

“Kecuali kami dapat mandat dari Dinas Kesehatan, baru kami bisa kembali ke sana,” tegasnya.

Berdasarkan koordinasnya dengan dokter Fery (mantan dokter RS Darurat), hanya menunggu keputusan dari direktur RSUD dr Abdul Rivai dan kepala Dinas Kesehatan Berau.

“Katanya dr Rudi, bakal lebih semangat bekerja dibandingkan yang lalu. Karena, yang saat ini akan dirawat adalah pasien positif COVID-19. Mungkin kalau dulu ada masih ada waktu untuk bersantai, namun saat ini tidak lagi,” tuturnya. */fst/app

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply