Waspada Transmisi Lokal

COVID-19 di Kaltara Melonjak

TANJUNG SELOR, DISWAY – Penularan COVID-19 di Kalimantan Utara (Kaltara) semakin menjadi-jadi. Bahkan, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kaltara merilis, terdapat tambahan terkonfirmasi positif sebanyak 113 kasus.

Dari jumlah tersebut, data tambahan terkonfirmasi di Tarakan paling tinggi. Yakni mencapai 94 kasus. Sedangkan di Bulungan 16 kasus, Nunukan 1 kasus, dan di Malinau 2 kasus.

Dikatakan juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kaltara, Agust Suwandy, kasus terkonfirmasi di Tarakan, 21 di antaranya kontak erat, 5 transmisi lokal, 31 transmisi lokal/suspek, dan 37 pelaku perjalanan.

“Kalau kita melihat data Tarakan ini, banyak sekali pelaku perjalanan. Mereka adalah para pekerja perusahaan yang akan bekerja di kabupaten lain, tetapi mereka wajib karantina dan swab dulu di Tarakan, sehingga menjadi tambahan data untuk Tarakan,” kata Agust Suwandy, Rabu (16/12).

Sementara, 16 kasus terkonfirmasi di Bulungan merupakan transmisi lokal. Di Nunukan, juga transmisi lokal, dan di Malinau merupakan transmisi lokal dan kontak erat.

“Dengan bertambahnya 113 kasus konfirmasi positif baru, maka total yang terkonfirmasi positif COVID-19 di Kaltara naik menjadi 2.481 kasus,” ujarnya.

Sedangkan pasien yang dinyatakan sembuh, Agust menyebut, sebanyak 1.500 orang, setelah 65 orang dinyatakan sembuh, kemarin. 30 orang di Tarakan dan 35 orang di Bulungan.

Selain itu, Agust juga menyebutkan bahwa hingga saat ini, jumlah pasien terkonfirmasi positif yang masih menjalani perawatan sebanyak 948 orang. Jumlah itu, terdiri dari 629 orang di Tarakan, 60 orang di Malinau, 52 orang di Nunukan, 20 orang di Tana Tidung, dan 188 orang di Bulungan. *

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply