PHKT Raih Proper Hijau 2020 dari KLHK

Jakarta, Nomorsatukaltim.com – Di penghujung tahun 2020, Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) berhasil meraih penghargaan PROPER Rating HIJAU tahun 2020 dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Acara seremoni pengumuman pemenang PROPER 2020 dengan tema “Masa Pandemi, Masa Untuk Peduli dan Berbagi” ini dilaksanakan pada 14 Desember 2020 di Gedung Manggala Wanabakti Jakarta, dihadiri Ma’ruf Amin, Wakil Presiden Republik Indonesia, Siti Nurbaya Bakar, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta perwakilan dari berbagai korporasi.

Penerimaan penghargaan PROPER HIJAU ini merupakan pencapaian dalam 2 tahun berturut-turut yang berhasil diraih PHKT yaitu pada tahun 2019 dan 2020. Pada tahun 2020 ini wilayah operasi PHKT yaitu Daerah Operasi Bagian Utara (DOBU) dan Daerah Operasi Bagian Selatan (DOBS) masing-masing kembali berhasil meraih penghargaan PROPER HIJAU, dengan mengusung beberapa program unggulan kategori efisiensi energi, penurunan emisi udara dan penerapan 3R (Reduce, Reuse, Recycle) limbah Non B3 (Bukan Bahan Berbahaya dan Beracun).

General Manager PHKT, Achmad Agus Miftakhurrohman menyampaikan bahwa pencapaian Proper Hijau ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah terhadap PHKT yang telah melaksanakan kegiatan operasional-nya dengan memperhatikan pengelolaan lingkungan yang baik serta pemberdayaan masyarakat sekitar dalam kerangka pelestarian lingkungan berkelanjutan. “PKHT mengucapkan terima kasih kepada seluruh insan PHKT, masyarakat dan pemerintah daerah di sekitar wilayah operasi yang telah banyak mendukung kegiatan PHKT sehingga berhasil meraih 2 (dua) penghargaan PROPER HIJAU di tahun 2020 ini” ungkap Achmad Agus.

Proper

Dalam mendukung pencapaian PROPER HIJAU, di DOBS PHKT telah dilaksanakan program-program unggulan seperti Program efisiensi energi FANA (Frame Anti Lama) dengan efisiensi sebesar 766,07 GJ; program BULAT (Budidaya Lalat) dengan penurunan limbah non B3 sebesar 69,58 ton, dan program OPOR SAMALIDO (Optimisasi Operasi Incinerator) dengan penurunan emisi udara sebesar 26,00 Ton CO-2eq.

Sedangkan di DOBU PHKT dalam mencapai PROPER HIJAU telah dilaksanakan program-program unggulan seperti Program OKM DATA (Optimasi Kompresor Multistage dengan Pendekatan Statistik) dengan efisiensi energi sebesar 27.006,60 GJ; Program PROLONGATION (Process Flare Offline and Fuel Gas Reduction) dengan penuruan emisi udara sebesar 1.285,57 Ton Co-2eq, dan Program ADEM (Acid Demulsifier) dengan penurunan limbah B3 sebesar 3.936,33 ton.

PROPER merupakan program penilaian peringkat kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). PROPER memiliki 5 peringkat yaitu Hitam, Merah, Biru, Hijau dan yang tertinggi peringkat Emas. PROPER menilai secara kuantitatif upaya-upaya perusahaan dalam pengelolaan lingkungan baik dalam aspek sumber daya alam serta menilai performa perusahaan dalam aspek sosial melalui upaya pemberdayaan masyarakat serta di tahun 2020, serta aspek tambahan yaitu tanggap bencana sebagai respon adanya pandemi Covid-19. Pada tahun 2020 KLHK mengumumkan bahwa terdapat sebanyak 2.021 Perusahaan telah berpartisipasi dalam penilaian PROPER dengan rincian 2 perusahaan peringkat hitam, 233 peringkat merah, 1.629 peringkat biru, 125 peringkat hijau dan 32 peringkat emas.

PHKT akan terus berkomitmen mendukung program pemerintah melalui program-program pengelolaan dan pelestarian lingkungan berkelanjutan, dan program pemberdayaan masyarakat melalui berbagai program CSR, serta terus membangun kemitraan yang aktif dalam memenuhi harapan masyarakat dan pemangku kepentingan di sekitar daerah operasi PHKT.

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply