Kemnaker RI Gelar Kunjungan ke BLK Samarinda

Tingkatkan Pengembangan SDM Melalui Pelatihan Vokasi

Samarinda, Nomorsatukaltim.com – Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI), menggelar kunjungan kerjanya ke Balai Latihan Kerja (BLK) Samarinda, Kamis (17/12/2020) pagi.

Bertempat di Jalan Untung Suropati, Kelurahan Sungai Kunjang, Samarinda, agenda dimulai meninjau dan berdiskusi hangat bersama Tim BLK sembari berkeliling langsung melihat Fasilitas BLK Samarinda.

Langkah penting ini dilakukan, sebagai upaya peningkatan program dan pelatihan vokasi pada pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Agenda tersebut dihadiri langsung oleh Sekretaris Jenderal Kemnaker RI, Anwar Sanusi, yang di dampingi Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Dirjen Binalattas), Budi Hartawan. Turut pula hadir Kepala BLK Samarinda, Andri Susila berserta Tim BLK lainnya. Menyambut hangat kehadiran Tim pusat Kemnaker RI.

Saat ditemui Nomorsatu Kaltim, Kepala BLK Samarinda, Andri Susila, sangat mengapresiasi kehadiran Tim pusat Menyambangi komplek BLK Samarinda. Dengan kehadirannya, memberikan semangat baru bagi seluruh tim untuk terus berinovasi.

“Kami senang dan bangga dapat berkesempatan bertemu langsung kepada pak Sekjen dan Dirjen Binalattas. Dalam rangka peningkatan kapasitas dan pengembangan kualitas BLK kedepannya,” ucapnya.

Andri Susila, menambahkan dengan adanya peningkatan BLK ini, dapat memberikan kontribusi penuh kepada peningkatan sumber daya manusia.

“Kami berharap BLK dapat lebih besar dan bermanfaat bagi masyarakat, terkhusus nya di Kalimantan Timur. Semoga dengan keberadaan blk dapat sesuai dengan kebutuhan sosial di daerah,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kemnaker, Anwar Sanusi mengatakan, BLK dan BLKK merupakan sarana strategis untuk melahirkan SDM yang kompeten jelang lahirnya ibu kota negara (IKN) baru dan menyambut bonus demografi di Kalimantan Timur.

“Penyiapan SDM yang baik di ibu kota negara baru harus diimbangi dengan pengelolaan BLK dan BLKK secara baik. Terkhusus kan, BLK Samarinda ini. Kemnaker akan terus membantu dan melakukan pendampingan,” jelasnya.

Anwar Sanusi pun meminta agar BLK Samarinda terus meningkatkan relasi dan kemitraan untuk menyiapkan SDM, termasuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di Ibu Kota Negara (IKN) yang baru nanti.

Aspek penting lain dalam pengembangan BLK dan BLKK adalah sinergi stakeholder.

“Hal ini bertujuan agar kemandirian BLK dapat terwujud kedepannya,” ujarnya.

Agenda ditutup dengan meninjau langsung ruang-ruang (workshop) simulator alat berat, workshop operator wheel loader, workshop las, mekanik alat berat dan lokasi fasilitas BLK lainnya. (Adv/top/sam)

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply