Logistik Mulai Didistribusikan ke Masing-masing PPK

Kukar, nomorsatukaltim.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kutai Kartanegara (Kukar) mulai mendistribusikan logistik untuk pelaksanaan hari pencoblosan. Pada Rabu, 9 Desember 2020 mendatang. Pengiriman dibagi menjadi tiga tahap berdasarkan zonasi geografis Kukar. Hulu, pesisir dan tengah.

Pengiriman perlengkapan pencoblosan ini akan dilakukan selama 4 hari. Dimulai sejak tanggal 3 Desember – 6 Desember 2020. Barang tersebut rencananya akan diserahkan ke 18 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

“Skenarionya kirim dulu ke hulu, pesisir, dan kemudian tengah. Daerah tengah relatif dekat, jadi kita utamakan yang jauh-jauh dulu,” jelas Ketua KPU Kukar Erlyando Saputra, Kamis 3 Desember 2020.

Tidak hanya menggunakan jalur darat. Juga ada beberapa wilayah yang bakal menggunakan jalur perairan. Seperti Kecamatan Muara Wis, Tabang dan Muara Muntai.

Karena sebagian besar perlengkapan berbahan kertas. Seperti surat suara, kotak suara, formulir dan dokumen-dokumen lainnya. Diperlukan pengaman ekstra. Akan dilengkapi dengan pengaman anti air dan hujan, agar logistik tetap aman.

KPU Kukar pun menggandeng Polres Kukar terkait pengamanan hingga tujuan distribusi. Masing-masing Polsek di 18 kecamatan akan menurunkan sedikitnya 3-5 personil, untuk mengawal sejak dari KPU Kukar hingga tempat tujuan.

“Memang standarnya harus diamankan polisi,” lanjut Nando sapaan akrabnya.

Selanjutnya, logistik akan dibagikan oleh masing-masing PPK di 18 kecamatan. Pada H-3 akan didistribusikan ke PPS. Selanjutnya baru ke TPS pada H-1 sebelum hari pencoblosan berlangsung. (ADV/mrf/sam)

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply