Fokus Tangani COVID-19

TANJUNG SELOR, DISWAY – Penanganan COVID-19 masih menjadi fokus pemerintah pada 2021 mendatang. Bahkan, pemerintah pun telah menetapkan 4 fokus dalam APBN 2021.

Empat fokus itu, yakni penanganan kesehatan, perlindungan sosial bagi kelompok rentan dan kurang mampu, pemulihan ekonomi terhadap UMKM dan dunia usaha, reformasi struktural membangun fondasi yang lebih kuat di bidang kesehatan, serta pendidikan dan perlindungan sosial.

Kepala Bappeda-Litbang Kaltara Risdianto mengungkapkan, Pemprov Kaltara pun fokus pada penanganan COVID-19 pada tahun depan. Salah satunya, kemungkinan pengalokasian anggaran pengadaan vaksin. Pemulihan ekonomi dan perlindungan social, pun akan tetap dijalankan.

“Bekerja sama dengan Univestas Kaltara, Bappeda-Litbang telah melakukan kajian sebaran COVID-19 di Provinsi Kaltara. Dari kajian itu, dapat menjadi referensi pengambilan kebijakan strategis di tahun depan. Utamanya terkait penganggaran dalam penanganan COVID-19,” kata Risdianto, kemarin.

“Kalau untuk pengadaan vaksin, saat ini kita anggarkan saja. Sementara, untuk pengadaan jenis vaksinnya, akan disesuaikan ketersediannya ke depan,” tambahnya.

Pemprov Kaltara juga akan mendapatkan bantuan ruang pendingin vaksin dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Ruang pendingin tersebut, rencananya akan ditempatkan di Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan.

Informasi perihal bantuan itu, disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes, Muhammad Budi Hidayat. Ketika mengecek kesiapan program nasional vaksinasi COVID-19 di Kaltara, Minggu (29/11) lalu.

Di Kaltara, ruang pendingin vaksin hanya tersedia di Tarakan. Walaupun terbilang cukup, untuk mendukung pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di provinsi ke-34 ini, 1 unit ruang pendingin akan turut ditempatkan di Tanjung Selor.

“Ditarget bantuan akan tiba di Kaltara pada awal 2021. Antara Januari atau Februari, paling lambat,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltara, Usman. HMS

Leave A Reply