Listrik Ujoh Bilang Padam, PLN: Gangguan di PLTD

Mahulu, nomorsatukaltim.com -Masyarakat Ujoh Bilang dan Long Bagun, Kecamatan Long Bagun, Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), mewanti-wanti agar listrik PLN dari PLTD Ujoh Bilang tidak lagi  padam total.

Seperti yang terjadi pada Selasa (1/12/2020) sejak pukul 14.00 Wita, listrik PLTD Ujoh Bilang  padam mendadak. Bahkan berlanjut padam hingga menjelang petang pukul 17.40 Wita, belum juga menyala.

“Kami khawatir kondisi padam listrik ini berlarut sampai Natal dan tahun baru nanti. Harusnya jika ada kerusakan mesin atau jaringan diperbaiki sejak beberapa bulan lalu,” kata Simon Lejiu (39), warga Ujoh Bilang yang menghubungi Disway-Nomorsatukaltim via seluler, Selasa (1/12/2020) sore.

Warga Kampung Long Bagun Ilir, Kecamatan Long Bagun, Salim (40) juga mengeluh. Menurutnya, seharusnya mesin pembangkit dan jaringan PLN ada pemeliharaan rutin tiap tahun. Jangan menunggu “macet” baru sibuk diperbaiki.

“Kalau sampai dekat Natal dan tahun baru masih macet, PLN Ujoh Bilang bikin masyarakat repot. Kami berharap segera diperbaiki jika ada kerusakan,” paparnya.

Salah satu warga yang indekos di Long Bagun Ilir, Riki (27), mengaku sangat terganggu dengan padamnya listrik PLN Ujoh Bilang.

“Sangat terganggu. Pekerjaan menggunakan laptop dan komputer semua terhambat,” ungkapnya.

Kepala kantor Unit Layanan Pelanggan (ULP) PT PLN (Persero) Ujoh Bilang. Rusdi Abul Hafid, dikonfirmasi  mengaku benar terjadi padam listrik di Long Bagun dan Ujoh Bilang.

“Iya terjadi gangguan sinkron di PLTD, pak,” tulisnya singkat dalam WhatApps (WA) .

Dihimpun oleh Disway-Nomorsatukaltim dari berbagai sumber, gangguan Sinkron dapat terjadi karena beberapa hal. Seperti gangguan beban lebih, gangguan hubung singkat (short circuit), gangguan tegangan lebih, gangguan kurangnya daya, serta gangguan ketidakstabilan (Instability). (imy/zul)

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply