Keterwakilan Perempuan Bertambah

Purani Jaui Gantikan Markus Juk

TANJUNG SELOR, DISWAY – Satu anggota DPRD Bulungan pergantian antar waktu (PAW), Purani Jaui dilantik pada rapat paripurna di Kantor DPRD Bulungan, Selasa (1/12).

Purani Jaui merupakan pengganti Markus Juk yang maju sebagai calon wakil bupati di Pilbup Bulungan. Dengan masuknya Purani Jaui di lembaga wakil rakyat itu, menambah keterwakilan perempuan di DPRD Bulungan.

Selain itu, diharapkan Ketua DPRD Bulungan, Kilat, bisa menjadi motivasi bagi kaum perempuan di Bulungan. Yakni, perempuan pun memiliki kesempatan dan peluang yang sama di dunia politik.

“Semoga dapat memotivasi generasi penerus generasi muda yang mau terjun ke politik,” ujar Kilat.

Purani Jaui sendiri, pada Pilgel 2019 lalu, berhasil meraih sekira 400 suara. Di daerah pemilihan (Dapil) 2. Setelah dilantik jadi anggota DPRD, Purani akan ditempatkan di komisi II. Akan tetapi, untuk jabatan ketua Komisi II yang ditinggal Markus Juk, akan dilakukan pemilihan ulang bersama anggota komisi II lainnya.

“Tidak serta merta langsung (jadi ketua komisi II. Kecuali unsur pimpinan bisa secara otomatis,” jelas Kilat.

Sementara, Wakil Ketua I DPRD Bulungan, Aluh Berlian menambahkan, saat ini ada 5 perempuan yang duduk di DPRD Bulungan. Kondisi ini tentunya menambah kekuatan baru untuk Keterwakilan perempuan.

Aluh juga mengaku bahwa selama berada di DPRD Bulungan, periode 2019-2024 menjadi istimewa. Karena memiliki jumlah keterwakilan perempuan terbanyak. “Sudah ada 5 perempuan di DPRD. Memang belum mencukupi 30 persen. Tapi ini menambah keterwakilan perempuan,” ujarnya.

Purani Jaui yang dikonfirmasi, mengaku maju sebagai calon anggota legislatif pada 2019 lalu, merupakan langkah pertamanya. Setelah dilantik menjadi anggota DPRD Bulungan, komitmen untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat, terus diperjuangkan. Seperti pembangunan infrastruktur jalan.

“Saat kampanye lalu, ada beberapa yang disegerakan untuk kebutuhan masyarakat. Utamanya kebutuhan dasar. Sesuai dengan amanah yang diberikan masyarakat,” ujarnya. */ZUH/REY

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply