PAD Berau 2021 Diproyeksi Alami Kenaikan

TANJUNG REDEBnomorsatukaltim.com – Pemerintah Kabupaten Berau telah menyampaikan Raperda APBD tahun anggaran 2021 kepada DPRD Berau. Dalam Raperda tersebut komponen untuk pendapatan asli daerah (PAD) mengalami kenaikan khususnya komponen dari pajak daerah, retribusi daerah, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan serta dari lain-lain pendapatan daerah yang sah.

Untuk tahun 2021 nanti, PAD senilai Rp 202 miliar. Untuk PAD ini ada empat komponen penerimaan, di antaranya pajak daerah senilai Rp 65 miliar, retribusi daerah Rp 8 miliar, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan Rp 14 miliar, dan lain-lain PAD yang sah Rp 114 miliar.

Pjs Bupati Berau, M Ramadhan mengatakan, salah satu sumber pendapatan daerah yang menjadi kinerja Pemkab Berau yaitu sektor pendapatan asli daerah. Yang ditarget berdasarkan pada potensi dan kemampuan memunggut dari masing-masing sumber PAD pada tahun anggaran berjalan.

Walaupun peran PAD di dalam anggaran penerimaan secara keseluruhan relatif kecil, tetapi kecenderungannya setiap tahun memberikan angka yang selalu meningkat.

“Dalam kerangka peningkatan ini, upaya intensifikasi dan ekstensifikasi pungutan yang dilakukan terhadap sumber-sumber PAD yang ada,” ujarnya. (adv/humas/zul)

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply