Diskan Berau Dukung Pengembangan BUMK Perikanan

TANJUNG REDEB, nomorsatukaltim.com – Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Berau terus memberikan dukungan penuh terhadap pengembangan Badan Usaha Milik Kampung (BUMK) bidang perikanan, di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil Kabupaten Berau.

Kepala Dinas Perikanan Berau, Tentram Rahayu, mengungkapkan dukungan pengembangan BUMK tersebut merupakan bagian dari straregi program Sistem Kemitraan Pelaku Utama Perikanan (Si Puri), yang baru diluncurkan beberapa waktu lalu.

Selain dukungan ke BUMK, Dinas Perikanan Berau juga memberikan dukungan terhadap kegiatan tambak berkelanjutan melalui restorasi ekosistem mangrove. Hal tersebut disampaikan di sela kegiatan kunjungan ke BUMK Mandiri Sejahtera Kampung Tabalar Muara, Sabtu (28/11/2020).

“Kami ingin melihat perkembangan usaha bandeng tanpa duri (Baduri) merupakan binaan Diskan Berau dengan pendampingan dari Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN),” ungkapnya.

Dia menjelaskan, Diskan Berau bersama YKAN melakukan pendampingan sejak awal, mulai dari pelatihan, produksi, hingga pemasaran. Di sela pendampingan teknis, Diskan Berau juga mendukung sarana dan prasarana, mulai dari peralatan produksi, hingga sarana dan prasarana pendukung produksi, seperti panel surya rumah produksi.

“Terima kasih kepada mitra kami YKAN yang telah membantu fasilitas berupa PLTS rumah produksi dan freezer serta pendampingan selama ini. Diharapkan dengan bantuan fasilitas ini, usaha Baduri oleh BUMK Mandiri Sejahtera Tabalar Muara makin meningkat dan kontinyu,” katanya. (adv/humas/zul)

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply