Pengentasan Kemiskinan Masuk Dalam Visi Misi RPJMD Berau

Berau, Nomorsatukaltim.com – Lewat rapat koordinasi (Rakor) percepatan percepatan penanggulangan kemiskinan tahun 2020 di Ruang Rapat Sangalaki Setkab Berau, Kamis (26/11) kemarin, Pemerintah Kabupaten Berau focus agar proses pengentasan itu bisa bergerak bertahap dengan efektif. Rakor yang diikuti stakeholder terkait, dibuka Asisten II Bidang Pembangunan dan Perekonomian Setkab Berau, Syamsul Abidin, mewakili Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Berau, Muhammad Ramadhan.

Rakor dengan tema melalui penguatan kelembagaan kita tingkatkan kinerja dan koordinasi penanggulangan warga kurang sejahtera dalam upaya penurunan tingkat kemiskinan dinaungan Berau sejahtera, menghadirkan narasumber dari Bapeda Provinsi Kaltim dan Badan Perencanaan Nasional (Bappenas) RI, secara virtual.

Arahan Pjs Bupati Berau yang dibacakan Asisten II, Syamsul Abidin, sangat jelas. Agenda Rakor merupakan wadah bagi semua stakeholder dalam rangka mensinkronkan semua upaya percepatan penanggulangan. Hal ini menurutnya merupakan kebijakan baik yang diatur dalam undang undang maupun peraturan menteri dalam negeri dalam upaya penanggulangan kemiskinan. “Melalui rakor ini sebagai bagian evaluasi bersama terhadap capaian program yang telah dilaksanakan dan diharapkan dapat memberikan gambaran terkait kondisi di Kabupaten Berau saat ini,” jelasnya.

Apa yang dihasilkan melalui rakor ini diharapkan Syamsul Abidin menjadi langkah langkah strategis kedepannya dalam rangka mewujudkan visi misi Berau yang telah tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Tahun 2016-2021. Meskipun saat ini mengalami keterbatasan anggaran, harapannya tidak menurunkan semangat kerja dalam upaya mengentaskan pra sejahtera ini, tetapi kondisi ini seharusnya menjadi tantangan untuk terus berkreatifitas dan berinovasi dalam melaksanakan program penanggulangan keterbatasan. “Untuk itu yang terpenting adalah bagaimana menyusun program dengan skala prioritas, meningkatkan efektifitas program dengan mengedepankan azas manfaat dan tepat sasaran,” tandasnya.

Salah satu langkah yang telah dilakukan Tim, disampaikan Syamsul Abidin, saat ini telah mengembangkan sistem informasi, yang diharapkan memberikan manfaatkan dalam upaya percepatan penanggulangan kemiskinan melalui informasi yang terorganisir dan berkesinambungan. (adv/hms)

Saksikan video menarik berikut ini:

Leave A Reply