Kompetensi Asesor Ditingkatkan

TANJUNG REDEB, DISWAY- Pelatihan Uji Kompetensi Asesor (PUKA) dikuti 3 asesor Berau berakhir (Kamis (19/11). Dilakukan dengan daring (dalam jaringan).

Ketua Badan Akreditasi Nasional (BAN) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Non Formal Kaltim, Rahmadi, mengatakan, PUKA bertujuan meningkatkan kompetensi asesor. Untuk melaksanakan akreditasi.

Rahmadi mengaku kegiatan dilaksanakan setiap tahun. Pada 2020 ini, diikuti 125 peserta se-Kaltim. “Kelulusan akan diumumkan 3 hari ke depan,” katanya kepada Disway, Kamis malam (19/11).
Peserta dari Berau terdiri dari perwakilan PAUD, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), dan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP).

“Kalau asesor SD dan SMP sudah cukup banyak. Sebenarnya, asesor PAUD di Berau ada dua. Tapi satu orang tidak mengikuti ujian, sehingga dinyatakan mundur,” tandasnya.

Salah seorang peserta dari PAUD Berau, Marola menyatakan, PUKA berjalan lancar meski hanya lewat daring. Ke depan, katanya, calon asesor akan mengikuti visitasi, serta akreditasi lembaga-lembaga tingkat satuan pendidikan non formal se-Kaltim.

  • sang badar
  • andirus
  • zairinsarwono

Diketahui, penetapan kelulusan Pelatihan Uji Kompetensi Asesor (PUKA) harus mengikuti minimal 90% dari seluruh waktu kegiatan, memiliki nilai batas kelulusan sesuai ketentuan berdasarkan penilaian tugas pra PUKA, praktik KPA, visitasi, validasi, serta Ujian Asesor Berbasis Komputer (UABK). Juga mengikuti seluruh tahapan/proses kegiatan pelatihan uji kompetensi. (IKY)

Saksikan video menarik berikut ini: