Pelaksanaan Ibadah Diminta Terapkan Protokol Kesehatan

Kutim, nomorsatukaltim.com– Peningkatan angka pasien COVID -19 di Kutim yang kebanyakan berada di Kecamatan Sangatta Utara, membuat para unsur pimpinan kecamatan setempat menggelar sosialisasi protokol kesehatan.

Mereka mengundang para pelaksana ibadah, seperti pimpinan gereja dan imam masjid di wilayah Kecamatan Sangatta Utara. Sosialisasi protokol kesehatan dipimpin Danramil Sangatta, Kapten Arif Safardiyatno serta Kapolsek Sangatta, Iptu Slamet Riyadi.

Di depan pelaksana ibadah, Danramil Sangatta Utara Kapten Arif meminta para pemimpin rumah ibadah, baik imam masjid maupun pendeta di gereja, selalu mengutamakan pencegahan penularan, dengan mengecek suhu tubuh warga yang akan beribadah bersama. Pastikan pula mereka menggunakan masker dan menjaga jarak dengan pengaturan saf secara zig-zag.

“Saat ini di Sangatta Utara mencapai 1.643 orang terkonfirmasi. Saya harap acara keagamaan yang sifatnya mengumpulkan banyak jamaah dibatasi saja dan kalau memang badan sudah terasa tidak fit sebaiknya ibadah di rumah,” terangnya saat ditemui awak media.

Senada, Kapolsek Sangatta Iptu Slamet Riyadi menyampaikan, jika Sangatta Utara merupakan kecamatan yang cukup kecil, namun persebaran wabah di wilayah ini paling dominan.

  • sang badar
  • andirus
  • zairinsarwono

“Baik OTG (orang tanpa gejala) atau bergejala seharusnya menjadi perhatian,” tuturnya.

Dia mengimbau agar sirkulasi udara di setiap rumah ibadah dapat diatur. Hingga penyebaran virus bisa terkontrol.

“Rumah ibadah ini harus tegakkan protokol kesehatan, kita jangan bosan saling mengingatkan agar wabah ini berakhir,” pungkasnya. (oke/zul)

Saksikan video menarik berikut ini: