Mega Proyek PPU Sambut IKN Baru

AGM: Ini Sekaligus Menjadi Ikon PPU

Balikpapan, Nomorsatukaltim.com – Sebagai wilayah yang telah ditetapkan menjadi calon Ibu Kota Negara (IKN) baru, Kabupaten Penajam Paser Utara tentu akan menjadi perhatian Seluruh Daerah di Indonesia. Untuk itu Mega Proyek besar disiapkan.

Hal ini lantaran PPU belum memiliki ikon atau ciri khas daerah (Landmark) yang menjadi lambang dari suatu wilayah.

landmark tentu akan menjadikan sebuah identitas suatu daerah. Juga sebagai daya tarik masyarakat luar saat berkunjung, dalam hal ini kabupaten PPU.

Menyikapi hal tersebut, Bupati kabupaten PPU H Abdul Gafur Mas’ud (AGM) tengah menyiapkan Tiga Mega Proyek. Yang akan dijadikan Ikon/ciri khas daerah yang dipimpinnya.

Pertama, pembangunan Anjungan Pelabuhan Penyeberangan Speedboat dan kapal klotok. Kedua, Pembangunan Tower Setinggi 150 meter dan yang terkahir pembangunan terowongan bawah laut.

  • sang badar
  • andirus
  • zairinsarwono

“Kami akan membangun anjungan di kawasan pelabuhan penyeberangan dan sekitarnya untuk mempercantik wajah kabupaten,” ujar Bupati termuda itu.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara akan menggunakan lahan bekas kebakaran. Untuk Kawasan pelabuhan penyeberangan speedboat dan klotok akan dibangun anjungan termasuk fasilitas umum seperti tempat parkir dan fasilitas umum lainnya.

Kawasan pelabuhan tersebut selama ini menjadi pintu gerbang. Bagi masyarakat yang akan menuju ke Kabupaten Paser atau Kota Balikpapan, sehingga harus ditata dan dipercantik.

  • kpu kutim1
  • kpu kutim2
  • kpu kutim3
Mega

Salah satu landmark yang segera terbangun di PPU. Anjungan pelabuhan speedboat dan kapal motor yang diusulkan 2021. Estimasi anggarannya sekira Rp 190 miliar. (Ist)

“Untuk pembangunan Anjungan ini sudah kita masukan di anggaran multiyears 2021 nanti,” ungkapnya, saat ditemui nomorsatukaltim.com di kediamannya.

Mega proyek lainnya yaitu pembangunan Tower setinggi 150 meter, dirancang akan di bangun di sekitar area islamic Center kabupaten PPU.

“Ini sekaligus untuk menandakan bahwa IKN Baru berlokasi di PPU. Ini lebih tinggi dari Tugu Monumen Nasional (Monas) di Jakarta,” bebernya, Kamis (19/11/2020) malam.

Yang tak kalah menariknya lagi Kata AGM, Yaitu rencana pembangunan terowongan bawah laut. Yang akan menghubungkan pulau Balang ke Penajam. Diperkirakan kedalamannya 10 meter dan panjangnya mencapai 1 kilometer.

“Kalau terowongan bawah laut ini kita rencanakan pada 2022 mendatang. Pokoknya, Menyambut IKN Kita siapkan yang terbaik,” tambahnya.(*/snd/sam)

kpu kukar

Saksikan video menarik berikut ini: