Gelar Apel Siaga Kebencanaan, Gubernur Kaltim Ingatkan Fenomena La Nina

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Sejumlah institusi aparatur negara, meliputi TNI, Polri, BNPB, dan Basarnas, serta sejumlah relawan kebencanaan hadir di lapangan Sekolah Polisi Negara (SPN) Balikpapan, Jumat (20/11/2020), sekitar pukul 09.00 Wita.

Giat apel siaga kebencanaan ini dipimpin langsung oleh Gubernur Kaltim, Isran Noor yang didampingi Kapolda Kaltim, Irjen Pol Herry Rudolf Nahak dan Pangdam VI/Mulawarman, Mayjen TNI Heri Wiranto.

Dalam sambutannya, Gubernur Kaltim Isran Noor menjelaskan, sebagai wilayah yang memiliki banyak potensi bencana, seperti kebakaran hutan, longsor dan banjir, harus siap dihadapi. Namun dengan upaya bersama, tekad dan kerja keras, usaha penanggulangan bencana bisa maksimal.

“Yang perlu kita waspadai adalah seluruh bencana. Namun karena saat ini ada fenomena La Nina, ini juga tetap kita tingkatkan kewaspadaan semua,” ujarnya.

  • sang badar
  • andirus
  • zairinsarwono

Diketahui, fenomena La Nina sangat berdampak saat ini di Kaltim. Di mana kondisi cuaca terik dan tiba-tiba hujan sering terjadi di Kaltim saat ini.

“Cuaca berubah-ubah bisa kapan saja. Hari ini panas nanti bisa hujan deras, ini lah yang berdampak dari La Nina,” jelasnya.

Gubernur mengatakan, apel ini merupakan langkah konkret untuk membangun kesiagaan dalam menghadapi bencana di wilayah Kalimantan Timur. Seusai memberi mandat apel, Isran bergerak menuju sisi pinggir lapangan melakukan pengecekan terhadap unit-unit kendaraan dari setiap instansi.

Pengecekan dimulai dari unit kendaraan milik Satpol PP, yang kemudian berlanjut ke instansi lain. Utamanya, unit-unit milik Polri dan TNI.(Bom/zul)

Saksikan video menarik berikut ini: