HMPI DPW VI Sulawesi-Kalimantan, Ajak Masyarakat Tingkatkan Gairah Wisata

Samarinda, nomorsatukaltim.com – Berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan gairah pariwisata. Seluruh kalangan diajak. Beberapa pemahaman diberikan baik kepada masyarakat, maupun mahasiswa.

Salah satunya seperti, webinar yang diadakan Himpunan Mahasiswa Pariwisata Indonesia Dewan Pimpinan Wilayah (HMPI DPW) VI Sulawesi-Kalimantan. Acara tersebut diadakan untuk memperingati Hari Pahlawan.

Acara dengan tema kebijakan pemerintah dalam menyikapi perkembangan kepariwisataan di masa new normal ini, diikuti 202 peserta dari 300 orang yang mendaftar. Tujuannya, untuk memberikan pencerdasan mengenai pariwisata. Serta, memberikan pemahaman dan solusi tentang dunia pariwisata pasca pandemi.

“Sehingga dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat dan seluruh mahasiswa pariwisata Indonesia,” ujar Ketua Panitia Webinar Yulia Nanda Putri, dalam press release yang diperoleh wartawan Disway-Nomor Satu Kaltim, Kamis (19/11/2020).

  • sang badar
  • andirus
  • zairinsarwono

Dikatakan Yulia Nanda Putri, acara yang dilakukan pada Sabtu (14/11/2020) lalu itu, dipandu oleh moderator Eman Sukamana, Dosen Pariwisata Politeknik Negeri Samarinda. Pun dia melanjutkan, acara tersebut dilakukan selama 4 jam. Dari jam 10 pagi hingga jam 1 siang.

Diterangkan Yulia Nanda Putri, sambutan di acara tersebut langsung disampaikan Koordinator Wilayah (Korwil) HMPI DPW VI Sulawesi-Kalimantan Dinda Fitra Putra Mursadih. Lalu dilanjutkan Sekretaris Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Kemal Redindo Syahrul Putra.

“Dan sambutan terakhir dari Kepala Dispar Kaltim, Ibu Sri Wahyuni,” sambungnya.

Setelah sambutan-sambutan, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dari pemateri 1 yaitu Hetifah Sjaifudian. Yang merupakan Wakil Ketua Komisi X DPR RI. Beberapa selingan video diputar oleh panitia. Di mana pemutaran salah satu video menunjukkan daya tarik wisata di Bumi Mulawarman.

“Dari video itu kita memperlihatkan keunggulan wisata alam Bumi Etam,” sambatnya.

Pemaparan materi kedua, diterangkan Yulia Nanda Putri, berasal dari Surana, Plt Direktur Pengembangan SDM Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Yulia Nanda Putri melanjutkan, pemutaran video wisata daerah Sulawesi juga turut diputar. Tujuannya pun senada, ingin memperlihatkan daya tarik wisata yang ada di Sulawesi.

“Ketika memasuki materi 3, pemaparan dari Bapak Muhammad Irvan Rivai, yang merupakan Sekretaris Dispar Kaltim,” ucap Koordinator Kampus POLNES, Suqma Nurcahyani.

Wakil Korwil 2 Riska Rahmania juga turut memberikan tanggapan. Di balik acara yang sukses ini tentunya terdapat panitia-panitia yang hebat. Panitia pada webinar pariwisata ini berjumlah 25 orang.

“Dan pada hari H acara, sebanyak 20 orang berkumpul di Hotel Grand Kartika untuk mengatur jalannya acara dan sisanya bertugas secara online,” tuturnya.

Panitia Webinar Pariwisata sangat berharap, kegiatan ini dapat memberikan pemahaman kepada mahasiswa pariwisata. Dan juga masyarakat umum dalam meningkatkan pariwisata Indonesia. Khususnya wilayah Sulawesi-Kalimantan.

“Serta dapat menumbuhkan rasa kecintaan dan kesadaran Mahasiswa Pariwisata Indonesia maupun seluruh elemen masyarakat sekitar terhadap Pariwisata Indonesia,” pungkas Riska Rahmania. (nad/zul)

Saksikan video menarik berikut ini: