Logistik Pilkada Dikirim Lebih Cepat untuk Wilayah Terjauh

Kutim, nomorsatukaltim.com – Mengingat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kutai Timur (Kutim) yang semakin dekat, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kutim akan fokus pada teknis pemilihan. Salah satunya distribusi logistik yang akan dipercepat untuk kecamatan terjauh.

Komisioner KPU Kutim, Handoko mengatakan, khusus kecamatan terjauh seperti Busang, Muara Ancalong, Sandaran dan beberapa kecamatan lainnya, pengiriman logistik Pilkada dilakukan lima hari sebelum pencoblosan. Agar sampai tepat waktu di setiap TPS.

“Karena harus dikirim lagi ke desa dan dibagikan lagi ke tiap TPS. Jadi, estimasi waktunya harus benar-benar pas,” ucap Handoko, Rabu (18/11).

Karena waktu pengiriman logistik Pilkada lebih cepat, KPU pun memasang target. Seluruh keperluan pencoblosan wajib kelar akhir November ini. Baik pelipatan kertas suara, penyiapan kotak suara, tinta, maupun berbagai macam formulir.

“Jadi, setelah selesai semua, tinggal kami kirim. Terutama untuk kecamatan terjauh. Untuk kecamatan yang tergolong dekat, akan dikirim sehari sebelum pencoblosan,” bebernya.

Menurutnya, proses pelipatan kertas suara akan sangat memakan waktu. Sejauh ini, KPU telah menyiapkan 20 orang untuk melipatnya. Tetapi jika tidak cukup waktu, akan ada penambahan orang.

“Sejauh ini kami belum bisa putuskan. Apakah jumlah pelipat ini cukup atau tidak. Tapi untuk memenuhi target, kami siap tambah orang untuk melipat kertas suara,” tandasnya. (bct/qn)

Saksikan video menarik berikut ini: