8 Pelajar Kaltim Ikuti KOSN Karate dan Silat

Balikpapan, nomorsatukaltim.com– Satu per satu kegiatan olahraga mulai dijalankan di tengah pandemi saat ini. Walau dengan berbagai penyesuaian. Termasuk pula Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) tingkat SMK se-Indonesia.

Delapan siswa SMK asal Kaltim diketahui ambil bagian di kompetisi tersebut. Empat di antaranya berasal dari Balikpapan. Mereka mengikuti dua cabor. Yakni karate di kelas Kata. Serta cabor pencak silat di kategori jurus.

Seluruh rangkaian kejuaraan dilakukan secara virtual. Artinya kedelapan peserta tersebut berkumpul di satu wadah sesuai cabornya. Lalu bergantian menampilkan aksinya yang direkam dan disaksikan langsung oleh juri.

Dari Balikpapan sendiri. Keempat siswa yang ikut serta adalah Ridha Anina dan Sabian di cabor karate. Sementara Muhammad Yusuf dan Tegar Prasetyo ikut tanding di cabor silat.

  • sang badar
  • andirus
  • zairinsarwono

“Baik silat maupun karate kita targetnya masuk final lah. Karena ini yang dinilai keindahan gerakan,” kata Totok Subuh, pendamping karate, Kamis (19/11/2020).

Meski digelar secara virtual protokol kesehatan tetap dijalankan. Mengingat masing-masing daerah memperagakan secara online di satu tempat.

“Protokol kesehatan tetap dan wajib hanya saja saat menampilkan gerakan tidak boleh menggunakan asesoris di luar dari peraturan perwasitan. Wasit dan juri tetap wajib menerapkan protokol kesehatan, walau saat bertugas,” tambah Totok.

Terkait persaingan Totok mengakui tidak bisa memprediksi. Meningkat digelar secara virtual, semua bergantung pada teknik pengambilan gambar hingga jaringan internet yang bisa jadi poin tambahan. (fdl/ava)

Saksikan video menarik berikut ini: