Totalitas Amankan Kaltara

TANJUNG SELOR, DISWAY – Pengamanan Pilkada Serentak 2020, menjadi salah satu fokus Polda Kaltara. Apalagi, selain pelaksanaan Pilgub Kaltara, di provinsi ke-34 ini pun akan digelar pilkada di Bulungan, Nunukan, Malinau, dan Kabupaten Tana Tidung.

Karena itu, personel yang akan diturunkan Polda Kaltara untuk mengamankan pesta demokrasi pada tahun ini, sebanyak 2.000 personel. Termasuk 1.000 personel yang disiagakan. Kapanpun dibutuhkan, personel yang disiagakan siap diterjunkan.

“Seluruh personel Polri yang di-backup TNI dan pihak terkait lainnya, telah siap 100 persen mengamankan Pilkada Serentak 2020, agar aman, langsung, umum, bebas, dan rahasia,” ujar Kapolda Kaltara, Irjen Pol Bambang Kristiyono, Selasa (17/11).

“Pada prinsipnya, kita total seluruhnya membantu pengamanan pilkada,” tambahnya.

Bambang Kristiyono menegaskan, pada Pilkada Serentak 2020, TNI/Polri bersikap netral. Kata dia, netralitas sangat dijaga dengan ketat, agar tercipta pilkada yang adil dan jujur.

  • sang badar
  • andirus
  • zairinsarwono

“Sehingga, jangan coba-coba menggoda anggota TNI/Polri untuk ditarik-tarik ke politik. Saya akan tindak tegas jika ada personel (Polri) yang terlibat,” tegasnya.

“Silakan mau berpesta demokrasi. TNI/Polri posisinya jelas, tegak lurus berdiri di atas semuanya, tidak memihak siapa pun,” lanjut jenderal yang pernah bertugas sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Mabes Polri itu.

Ia juga mengantisipasi agar tidak terjadi aksi rusuh di perhelatan pilkada kali ini. Karena berkaca pada Pilkada 2015, yang terjadi aksi rusuh.

”Kami juga selalu anev (analisa dan evaluasi) dengan KPU, Bawaslu, TNI, pemerintah, dan unsur terkait lainnya. Kami minta warga tidak usah berkelahi hanya gegara perbedaan pilihan politik saja,” pesannya.

Sementara itu, Pjs Gubernur Kaltara Teguh Setyabudi, meminta semua pihak untuk turut menyukseskan Pilkada Serentak 2020 di provinsi ke-34 ini. “Sukseskan pilkada kita secara aman, damai, dan berintegritas. Pemerintah Provinsi Kaltara siap bekerja sama dengan TNI/Polri, untuk menjaga situasi kamtibmas yang kondusif,” ujarnya. *

Saksikan video menarik berikut ini: