Pjs Gubernur Ajak Rajin Berzakat

TANJUNG SELOR, DISWAY – Sosialisasi zakat ditekankan Pjs Gubernur Kaltara Teguh Setyabudi, bukan hanya seremonial. Namun, menjadi momen kesadaran untuk berzakat.

Itu disampaikan Teguh ketika membuka sosialisasi zakat yang digelar Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kaltara di Gedung Gabungan Dinas, Selasa (17/11).

Dikatakan, zakat bukan sekadar ibadah yang wajib dikerjakan oleh umat muslim. Yang memiliki kemampuan ekonomi. Tetapi, ada manfaat yang terkandung di dalamnya. Di antaranya menambah ketaatan kepada Alllah SWT, menjadikan manusia tumbuh berkembang, bertambah kemaslahatan melalui berkah harta yang dimiliki, bertambah pahala, serta banyak dosa-dosa yang diampuni.

“Zakat tidak merugikan ataupun mengurangi jumlah harta yang kita miliki. Secara nyata, selama ini orang yang pernah berzakat bukan merasa rugi atau menyesal, justru harta kita semakin berkah dan bertambah,” ujarnya.

Pelaksanaan zakat, lanjutnya, juga sesuai dengan syariat Islam dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat, Infak dan Sedekah, serta Instruksi Gubernur Kaltara No. 1/2017 tentang Pengumpulan Zakat di Wilayah Provinsi Kaltara.

  • sang badar
  • andirus
  • zairinsarwono

“Saya harapkan agar seluruh instansi, lembaga, komunitas, dan perusahaan yang beroperasi di wilayah Kaltara, dapat membantu dalam proses optimalisasi pengumpulan zakat yang dilakukan oleh Baznas Provinsi Kaltara,” ungkapnya.

“Teruntuk aparatur sipil negara (ASN) dan non-ASN yang ada di lingkup Provinsi Kaltara, mari kita dukung program Baznas, dan ikut memberikan contoh. Terutama kepada keluarga kita untuk membayar zakat,” tambah Teguh. HMS/REY

Saksikan video menarik berikut ini: