Dua Instansi Bersinergi Hadapi Bencana Alam

Kukar, nomorsatukaltim.com – Taruna Siaga Bencana (Tagana) adalah relawan sosial atau Tenaga Kesejahteraan Sosial yang berasal dari masyarakat. Mereka memiliki kepedulian. Dalam penanggulangan bencana di bidang perlindungan sosial.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kutai Kartanegara (Kukar), Didi Ramyadi mengatakan, Tagana mendapat Surat Keputusan (SK) dari Kementerian Sosial RI. Tagana pun mempunyai tugas membantu pemerintah. Dalam melaksanakan penanggulangan bencana. Baik pra-bencana, tanggap darurat maupun pasca bencana.

“Tagana juga bertugas dalam penanganan permasalahan sosial lainnya terkait dengan penaggulangan bencana. Ketika terjadi bencana alam, mereka siap. Mulai dari mitigasi, evakuasi, sampai dengan penyelamatan korban, dan menyalurkan bantuan berupa makanan dan lainnya,” kata dia, Selasa (11/11/2020).

Pria yang akrab disapa Didi ini menambahkan, Tagana juga bersinergi dengan BPBD dan para relawan lain saat berada di lapangan. Karena mereka memiliki jiwa sosial yang tinggi.

“Mereka ini betul-betul relawan dan punya jiwa sosial yang tinggi dalam membantu masyarakat,” tambahnya.

Selain itu, Didi menuturkan, tidak ada syarat apa pun bagi masyarakat yang ingin bergabung di Tagana. Namun, saat ini pihaknya belum mendapatkan kabar open recruitment.

“Nanti akan ada diklatnya. Di situ mereka akan diberikan pelatihan-pelatihan. Untuk rekrutnya itu langsung dari Kementerian Sosial,” pungkasnya. (adv/tor/qn)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply