PDIP Kutim Kukuhkan PAC di 18 Kecamatan

Kutim, nomorsatukaltim.com – Struktur adalah bagian penting dalam roda organisasi. Apalagi bagi partai politik. Agar mesin partai bergerak hingga ke tingkat bawah. Untuk itu, PDIP Kutai Timur (Kutim) memastikan struktur pada tiap kecamatan telah terbentuk.

Dari 18 kecamatan di Kutim, sebelumnya hanya dua Pengurus Anak Cabang (PAC) PDIP yang telah berjalan. Tetapi kini, 16 PAC sudah terbentuk dan siap untuk mengemban tugas partai berlambang banteng itu.

Ketua DPD PDIP Kaltim Safaruddin melalui Wakil Ketua Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Roy Hendrayanto melantik PAC yang telah terbentuk itu.

Menurutnya, ini adalah upaya PDIP untuk memperkuat struktur organisasi partai. Karena itu, mesin politik tidak stagnan. “Sehingga strategi partai bisa benar-benar rapi berjalan hingga ke tingkat akar rumput,” ucapnya.

Sebelumnya, sudah ada dua PAC di daerah perkotaan di Kutim. Yaitu PAC PDIP Sangatta Utara dan Sangatta Selatan. Sementara 16 PAC lainnya baru terbentuk saat ini. Untuk melengkapi 18 kecamatan di Kutim. Tujuannya agar komando partai bisa terukur dengan baik. Sehingga pada setiap jenjang struktur partai, roda organisasi berjalan mulus.

“Maka PAC ini akan jadi ujung tombak kami ketika menjalankan agenda politik. Terutama untuk bersentuhan langsung dengan masyarakat,” bebernya.

Apalagi dalam waktu dekat ada agenda politik besar. Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kutim tentu perlu persiapan matang. Maka dari itu, PDIP memerlukan strategi pemenangan. Peran tiap struktur lembaga pun akan sangat penting. “Strategi itu bisa fleksibel. Tergantung konstelasi politik. Nah, peran PAC jadi penting di sini,” bebernya.

Koordinator Wilayah (Korwil) Musyawarah Anak Cabang (Musancab) DPC PDIP Kutim, Lukas Himuq mengatakan, pelantikan ini dibagi di empat titik. Yaitu di Kecamatan Bengalon, Muara Bengkal, Muara Wahau dan Telen. Sementara pengurus di kecamatan terdekat akan dilantik sesuai titik yang ditetapkan.

“Sehingga tidak melibatkan banyak orang. Jadi tak juga menyalahi prosedur kesehatan. Yang melantik juga berbeda tiap titik. Tapi semua pengurus DPD PDIP Kaltim,” ucap Lukas. (bct/qn)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply