Tren Penumpang di Bandara APT Pranoto Mulai Ada Kenaikan

APT Pranoto Berharap Dapat Penghapusan Airport Tax

Samarinda, nomorsatukaltim.com – Jumlah penumpang yang melalui Bandara APT Pranoto Oktober ini menunjukkan tren kenaikan. “Naik sekitar 12,44 persen,” kata Kepala Bandara APT Pranoto Agung Pracayanto, Selasa (27/10/2020).

Namun, Agung menyatakan, di bulan yang sama dari perbandingan tahun lalu ada penurunan. Karena tahun sebelumnya, pandemi masih belum terjadi di Indonesia. “Penurunannya dibandingkan tahun sebelumnya senilai minus 63,07 persen,” sambungnya.

Agung Pracayanto berharap bandara yang dipimpinnya ikut mendapatkan potongan subsidi Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U).

Namun dirinya tak ingin berharap lebih. Karena semua kebijakan tetap diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah pusat. Dalam hal ini Kemenhub dan Ditjen Perhubungan Udara.”Kita cuma sebagai penyelenggara,” katanya.

Seperti diketahui, bandara di Bumi Mulawarman memang tak mendapatkan subsidi Passenger Service Charge (PSC). Atau yang dikenal dengan airport tax. Dishub Kaltim masih menunggu keputusan PT Angkasa Pura I. Karena Kaltim termasuk dalam wilayah operasionalnya.

  • sang badar
  • andirus
  • zairinsarwono

Melihat peluang yang sebelumnya dikatakan Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kaltim Sri Wahyuni, soal agenda cuti bersama yang akan terjadi di akhir tahun. Yang bisa saja berpotensi menjadi titik awal naiknya jumlah pariwisata di Kaltim. Agung mengatakan hal itu belum bisa dianggap sebagai awal kebangkitan jumlah penumpang di bandara kebanggaan warga Kota Tepian.

Lantaran, situasi yang saat ini masih belum bisa dikatakan stabil. Akibat adanya pandemi COVID-19. “Belum adanya vaksin yang siap, sehingga hal tersebut bisa menjadi hambatan karena kecenderungan sekarang ini, masyarakat bepergian melalui udara,” terangnya. (nad/eny)

Saksikan video menarik berikut ini: