Pendaftaran Banpres UMKM Diperpanjang

Balikpapan, nomorsatukaltim.com– Pemerintah pusat menambah jumlah bantuan presiden (Banpres) produktif dan modal kerja sebanyak 3 juta usaha mikro dan kecil.

Bantuan tersebut senilai Rp 2,4 juta yang tujuannya menambah modal usaha. Pada awal peluncuran, Banpres UMKM menyasar 12 juta UMKM yang diberikan sekali kepada pelaku terdampak pandemi COVID-19.

“Saat diluncurkan totalnya 12 juta UMK. Tetapi ini ada tambahan dari pusat 3 juta. Bantuan yang diterima Rp 2,4 juta hanya satu kali,” jelas Kepala Seksi Bina UMKM Dinas Koperasi, UMKM, dan Perindustrian (DKUMKMP) Balikpapan, Rabiatun, Kamis (29/10).

Saat ini pemerintah juga memperpanjang waktu pendaftaran. Untuk itu, pihaknya mengimbau bagi pelaku UMKM yang belum untuk segera mendaftar. “Pendaftaran ini hingga 30 November, tapi kami batasi hingga 24 November,” sebutnya.

Penutupan pendaftaran dilakukan lebih awal karena dibutuhkan waktu menyeleksi dan menginput berkas ke pusat. Dalam proses seleksi tentunya perbaikan data dan hal itu membutuhkan waktu.

  • sang badar
  • andirus
  • zairinsarwono

Sedangkan persyaratan untuk pendaftaran. Sama halnya pendaftaran bantuan langsung tunai (BLT). Di antaranya, harus punya izin. Namun apabila belum memiliki cukup pengantar dari RT setempat bahwa memiliki usaha. WNI, memiliki KTP, bukan ASN, TNI/Polri maupun BUMD atau BUMN. “Tapi kalau belum punya, cukup pengantar RT. Kami selaku dinas yang bertanggung jawab untuk pengajuannya,” ujarnya.

Rabiatun menambahkan, ada syarat lain yang tidak kalah penting. Pelaku usaha belum pernah mendapatkan atau menerima bantuan pinjaman atau sejenisnya dari pihak perbankan. Pelaku usaha memiliki saldo tabungan di bank di bawah Rp 2 juta.

Pelaku UMKM yang sudah mengisi link pendaftaran sejauh ini ada sekira 1.500 orang. Yaitu jumlah sejak link bisa diakses pada Selasa (20/10) lalu.

Meski kini pendaftaran bisa melalui link http://bit.ly/PendaftaranBanpresKotaBalikpapan, namun pendaftar wajib ke kantor DKUMKMP untuk mengisi berkas. “Keberadaan link ini selain memudahkan pendaftar, juga memudahkan petugas pendaftaran,” imbuhnya. (fey/eny)

Saksikan video menarik berikut ini: