Enam ASN Reaktif

TANJUNG SELOR, DISWAY – Antisipasi penyebaran virus Corona, terutama di kalangan aparatur sipil negara (ASN), dilakukan Pemkab Bulungan dengan menggelar rapid test massal bagi kalangan abdi negara, Jumat (23/10).

“Total ada 234 ASN yang mengikuti rapid test massal ini. Ada enam orang yang dinyatakan reaktif. Mereka langsung kami lanjutkan untuk mengikuti tes swab,” kata Kepala Dinas Kesehatan Bulungan, Imam Sujono.

Selain harus menjalani tes swab, kata Imam Sujono, enam pegawai itu pun, diwajibkan melakukan karantina mandiri di rumah hingga hasil swab keluar.

Pada rapid test kemarin, Imam Sudjono mengaku disiapkan sekira 800 alat rapid test, dalam rangka melakukan tindakan mitigasi jelang libur panjang. “Saat ini, kami prioritas untuk Kecamatan Tanjung Selor. Karena kasus terkonfirmasi tertinggi di Tanjung Selor,” ujarnya.

  • sang badar
  • andirus
  • zairinsarwono

Nantinya, pemeriksaan rapid test pada pekan depan, rencananya menyasar organisasi perangkat daerah (OPD) yang melayani masyarakat secara langsung. Seperti Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda), serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Ditargetkan sebelum libur panjang atau cuti bersama yang akan dimulai pada Rabu 28 Agustus 2020, seluruh ASN di setiap OPD telah selesai dilakukan rapid test. Walaupun nanti tak bisa menyelesaikan semua OPD, rapid test selanjutkan akan dilakukan usai libur bersama, setelah aktivitas pemerintahan kembali normal.

”Pada prinsipnya, ini merupakan upaya pencegahan terhadap penyebaran COVID-19, terutama di lingkup Pemkab Bulungan,” ujarnya.

Hingga saat ini, kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Bulungan, telah menyentuh angka 226 kasus. Dari 226 kasus itu, sebanyak 171 orang telah dinyatakan sembuh, enam orang meninggal dunia, dan 49 orang lainnya masih menjalani perawatan. */ZUH/REY

Saksikan video menarik berikut ini: