Waspada Cuaca Ekstrim, Tanah Longsor dan Pohon Tumbang di Balikpapan

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Hujan cukup deras mengguyur Balikpapan, Senin (19/10/2020) dinihari, atau sekitar pukul 03.30 Wita. Cuaca ekstrim ini mengakibatkan sejumlah musibah di Kota Minyak.

Salah satunya musibah tanah longsor yang terjadi di RT 41 Kelurahan Telaga Sari, Balikpapan Kota. Di mana tanah longsor ini memutus salah satu fasilitas umum (Fasum) milik warga dan sekolah.

Warga RT 41 yang menjadi korban, Egy mengatakan, kejadian tersebut terjadi pada pukul 05.30 Wita. Saat itu memang intensitas hujan sedang tinggi. Selain itu kondisi jalan dan bangunan rumah yang memang sudah mengalami retak, menjadi penyebab terjadinya tanah amblas ke bawah.

“Seminggu kemarin saat hujan deras rumah di sini sudah ada retak. Di bagian pagar sekolah itu juga,” ujarnya.

Kondisi tersebut sebenarnya telah dilaporkan oleh pemilik rumah kepada Ketua RT 41 Kelurahan Telaga Sari. Hanya, karena lambannya penanganan sehingga kondisi yang parah ini akhirnya terjadi.

“Kemarin sudah dilaporkan ke RT, karena ada COVID ya, jadi mungkin agak lama penanganannya,” jelasnya.

Sebelum kejadian pun, Egy yang saat itu sedang bersama istri dan anaknya berada di dalam rumah, mendengar suara dentuman yang cukup keras di depan rumahnya. Dan benar saja, tanah longsor di halaman rumahnya yang berbatasan langsung dengan tembok sekolah sudah berlubang cukup besar.

“Pukul 05.30 Wita itu ada suara seperti “Dak” nyaring, dan kita di sini enggak ada yang tidur saat hujan itu. Jadi pas kejadian kita langsung keluar. Saya, istri, dan anak,” tambah Egy.

Egy pun bersama istri dan anaknya berusaha menyelamatkan diri keluar rumah. Dan sementara waktu, dirinya bersama keluarganya mengevakuasi diri ke rumah saudaranya yang tak jauh dari tempat tinggalnya.

“Semoga bisa segera ditangani oleh pemerintah. Ini kan juga salah satu jalan warga di sini,” ujarnya.

Sementara itu, pihak Kelurahan Telaga Sari, Balikpapan Kota pun bersama BPBD Balikpapan dan sejumlah relawan Kebencanaan langsung mencoba melakukan langkah-langkah antisipasi awal.

“Laporan ketua RT 41 Ibu Aminah, ada kejadian pukul 05.30 Wita di sini setelah terjadi kerusakan cukup parah, tembok dan halaman fasum cukup parah. Kena sekolah. Sudah kita kasih terpal untuk sementara. Karena masih hujan. Masih mencari sumber air karena tanah masih bergerak,” ujar Lurah Telaga Sari Doni Wahyu.

Hujan deras yang masih mengguyur Balikpapan ini pun juga menyebabkan beberapa lokasi terjadi pohon tumbang. Salah satunya di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Mekar Sari, Balikpapan Tengah. (Bom/zul)

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar