Awas! Marak Pencuri di Minimarket

Modus Pura-Pura Beli hingga Selipkan Barang di Pinggang

BALIKPAPAN, nomorsatukaltim.com – Ekonomi yang sedang sulit, membuat sebagian orang pendek akal melakukan tindakan pencurian. Nekatnya lagi, mereka melakukan pencurian di dalam minimarket yang sudah jelas dilengkapi oleh kamera pengawas.

Sejumlah kejadian pencurian pun belakangan ini marak terjadi di beberapa minimarket di Balikpapan. Kali ini, tindak kejahatan tersebut terjadi di minimarket kawasan Sumber Rejo, Sabtu (17/10/2020) siang. Sebuah kamera pengawas merekam aksi seorang pria berkaos putih menyelipkan barang ke pinggangnya.

“Iya, di rekaman itu dia pura-pura lihat barang, eh ternyata diambilnya,” ujar Halimah, salah seorang pegawai minimarket, Minggu (18/10/2020).

Pria yang belum diketahui identitasnya itu mengambil beberapa sampo berukuran sedang dan diselipkan ke pinggangnya. Bahkan aksinya terlihat seperti seorang pencuri yang profesional atau sudah biasa.

“Cepat ngambilnya, pas ada orang lewat langsung pergi dia,” tambah Halimah.

Para pegawai baru menyadari, setelah mengetahui ada barang yang kurang namun tidak tercatat dalam pengeluaran. Sehingga pihak minimarket mengecek rekaman pengawas. Benar saja, pria berkaos putih dan menggunakan masker itu lah yang mengambilnya.

Dari informasi yang disebutkan, pria tersebut memang sering berkeliling ke minimarket. Diduga aksi yang sama pun juga dilakukan di minimarket lainnya. Sehingga para pegawai berharap pelaku segera ditangkap.

“Sering memang dia bolak-balik ke minimarket. Jadi kayaknya orang yang sama deh. Barangnya sih enggak seberapa, tapi kalau diambil terus ya rugi,” jelasnya.

Sebelumnya di lokasi berbeda, yakni di salah satu minimarket kawasan Gunung Kawi, pelaku pencurian juga tertangkap kamera pengawas. Hanya saja, kali ini pelakunya adalah seorang ibu-ibu yang menggendong anaknya yang masih balita. Ibu tersebut mengambil sejumlah barang seperti sampo, sabun, dan lainnya.

“Ya, tapi sudah kami telusuri dan dapat orangnya. Sudah kami minta kembalikan barangnya, kalau enggak ya dilaporkan ke polisi. Kami kasihan dengan anaknya,” ujar salah satu kasir yang tak ingin disebutkan namanya itu.

Sementara itu Kapolresta Balikpapan, Kombes Pol Turmudi mengimbau kepada masyarakat, khususnya pelaku usaha minimarket agar tetap waspada. Kalau perlu, pemasangan kamera pengawas ditambah guna mencegah kejadian yang tidak diinginkan. Sehingga bila kejadian, rekaman kamera tersebut dapat membantu pihak kepolisian untuk mengungkap pelaku.

“Tetap diimbau waspada terhadap tindak kriminalitas. Karena biasanya kriminalitas terjadi akibat faktor ekonomi. Kalau ada kamera CCTV itu lebih bagus, karena bisa membantu petugas untuk penyelidikan,” ujarnya. (Bom/zul)

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar