Rusak Parah, Akses Anah-Long Iram Ilir Diperbaiki Tahun Depan

Kubar, nomorsatukaltim.com – Jalan poros penghubung Kampung Anah-Kampung Long Iram Ilir, Kecamatan Long Iram, Kabupaten Kutai Barat (Kubar), sejak beberapa tahun terakhir mengalami kerusakan cukup parah.

Semula akses poros antar kampung itu beraspal. Namun sejak beberapa tahun terakhir, aspal terkelupas, hanya tinggal jalan tanah berlumpur.

“Akses dari Anah-Long Iram Ilir panjangnya hanya sekitar 1 kilometer (KM). Siapapun bisa datang melihat langsung kondisi jalan ini. Kalau musim hujan berkubangan air,” kata salah satu warga Kampung Anah, Fadli (48) kepada Disway-nomorsatukaltim, Minggu (18/10/2020).

Begitu pula pendapat warga Long Iram Ilir. Kerusakan parah akses poros dalam wilayah Ibu kota Kecamatan Long Iram itu, sebenarnya melampaui batas kewajaran.

“Jalan Long Iram Ilir-Anah sangat diperlukan masyarakat. Tapi semoga segera ada perbaikan dari pemerintah,” tegas sejumlah warga Long Iram Ilir yang minta nama mereka tidak dikorankan.

Ada kabar baik dari Pemerintah Kecamatan Long Iram. Akses Long Iram Ilir-Anah setiap tahun sudah dibahas sebagai usulan prioritas dari kecamatan ke kabupaten. Setiap tahun dibahas dan masuk Musrenbang. Hanya dalam Musrenbang 2021 belum dibahas.

“Sudah diketahui kabupaten, karena saya bawa dibahas ke sana (kabupaten). Masuk skala prioritas,” terang Camat Long Iram, Burhan kepada Harian ini diujung telepon, Minggu (18/10/2020) siang.

Memang yang diharapkan setiap tahun, dipresentasikan di kabupaten. Karena titik terparah poros dalam Ibukota Long Iram, adalah akses Long Iram Ilir-Anah.

“Saya sudah bicara langsung dengan Pemkab untuk segera ada perbaikan akses itu. Sebenarnya di 2020 ini sudah dilakukan (perbaikan). Namun terkendala pandemi COVID-19. Pemangkasan anggaran, sehingga ditunda,” urai Camat Burhan.

Perbaikan akses Anah-Long Iram, sudah masuk penganggarannya ke Bappeda Kubar. Kepastiannya akan diperbaiki pada tahun depan.

“Saya sudah cek, konfirmasi dengan Kepala Bappeda Kubar. Anggarannya sudah masuk di 2021. Semoga tahun depan jalan itu segera mulus,” tandas Burhan.(imy/zul)

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar