Pengurus APTISI Wilayah XI B Kalimantan Timur Komisariat Selatan Dilantik

Periode 2020-2025

BALIKPAPAN, nomorsatukaltim.com – Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Wilayah XI B Kalimantan Timur Komisariat Selatan baru saja melakukan pelantikan ketua dan pengurus baru untuk periode 2020-2025. Acara digelar di Gedung Cheng Ho, Universitas Mulia Balikpapan, sabtu (17/10/2020) lalu.

Jabatan ketua itu kini resmi diemban oleh Dr Agung Sakti Pribadi SH MH yang juga merupakan Rektor Universitas Mulia Balikpapan. APTISI sendiri adalah wadah untuk konsolidasi, komunikasi, dan kegiatan bersama Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Pada kesempatan itu, Agung Sakti Pribadi menyampaikan, akan membawa APTISI untuk menyinergikan potensi yang dimiliki semua PTS, khususnya yang berada di wilayah Komisariat Selatan untuk meningkatkan kualitas PTS melalui Tridharma perguruan tinggi. Agar mampu sejajar dengan perguruan tinggi terbaik di Pulau Jawa.

Selain sinergi antar-PTS, APTISI akan bekerja sama dengan para stakeholder atau instansi swasta dan pemerintah daerah, “Untuk join riset dan pengembangan inovasi terhadap produk unggulan yang dihasilkan mahasiswa maupun stakeholder,” paparnya.

APTISI akan menyelenggarakan Rapat Kerja (Raker) pada minggu pertama November 2020. Dengan fokus lima tahun ke depan mampu berperan menjadikan PTS meningkat akreditasi program studi (Prodi) dan Institusinya.

Pengurus APTISI Wilayah XI B Kalimantan Timur Komisariat Selatan Dilantik

Ketua APTISI Periode 2020-2025, Agung Sakti Pribadi saat memberikan sambutan. (Hersal/Nomorsatukaltim)

Tantangan pengembangan PTS di Balikpapan juga menjadi fokusnya, ditambah Balikpapan sebagai penyangga calon Ibu Kota Negara (IKN) memiliki peluang besar memanfaatkan potensi tersebut.

“PTS berpeluang besar menyerap mahasiswa baru yang berasal dari pertambahan jumlah penduduk akibat adanya IKN, dan tingginya minat masyarakat mengembangkan usaha di IKN dan sekitarnya,” lanjutnya.

Pelantikan ketua dan pengurus baru APTISI Komisariat Selatan dipimpin oleh Prof Dr H Eddy Soegiarto SE MM yang merupakan Ketua APTISI Wilayah XI B Kalimantan Timur. Yang tidak bisa hadir secara langsung oleh karenanya ia terhubung melalui virtual conference. Dalam sambutannya, ia mengajak seluruh pihak yang tergabung di APTISI untuk memajukan dunia pendidikan, khususnya di PTS masing-masing untuk menghasilkan lulusan-lulusan terbaik.

Ia juga mengajak, untuk bersama-sama memajukan PTS di Kalimantan Timur.

“Majukan kampus, majukan akreditasi, buktikan kita mampu menghasilkan civitas atau lulusan unggulan sebagai bentuk pengabdian kepada bangsa dan negara,” tandas Eddy.

Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi dalam video ucapannya mengatakan, 15 PTS di Balikpapan dengan dorongan dan dikawal oleh APTISI akan mampu bergerak menjadi perguruan tinggi yang besar. Ia berharap 5 tahun ke depan APTISI mampu berperan menjadikan PTS di Balikpapan meningkat kualitasnya ditandai dengan Akreditasi yang Baik Sekali (B) atau yang Unggul (A).

“Selamat bekerja APTISI,” pungkasnya. (adv/ers/zul)

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar