KPU Nunukan Target 80 Persen

Tanjung Selor, Disway – KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Nunukan menargetkan partisipasi pemilih pada Pilkada Serentak 2020 ini, sekitar 80 persen. Meski, pilkada tahun ini dilaksanakan di tengah pandemik COVID-19.

Ketua KPU Nunukan, Rahman, juga mengakui butuh kerja ekstra keras untuk mewujudkan target partisipasi pemilih tersebut. “Tapi, kami akan coba bekerja sama dengan desa dan adat untuk memfasilitasi. Mudah-mudahan target 80 persen tercapai,” ujar Rahman, Jumat (16/10).

Sementara itu, terkait daftar pemilih tetap (DPT), Rahman menyebut, berdasarkan rapat pleno terbuka pada Kamis (15/10) lalu, jumlah DPT Nunukan yang ditetapkan sebanyak 117.763 pemilih.

Menurutnya, jumlah DPT itu meningkat dari daftar pemilih sementara (DPS) yang sebanyak 114.664 pemilih. “Bertambah 3.099 orang, yang mayoritas terdiri dari pemilih pemula dan warga tidak terdata saat coklit (pencicikan dan penelitian) lalu,” ujar Rahman.

Pemilih pemula yang setelah DPT ditetapkan hingga hari pemungutan suara pada 9 Desember 2020, yakni yang baru berusia 17 tahun, dipastikan Rahman telah terdata di DPT.

“Untuk pemilih pemula yang sudah masuk DPT, dengan catatan 9 Desember sudah memiliki KTP elektronik. Kalau yang belum terakomodir dalam DPT, tetap bisa menggunakan hak pilihnya dengan menggunakan KTP elektronik. Dari jam 12.00 hingga jam 13.00 Wita,” jelasnya.

Disebutkan Rahman, jumlah DPT yang ditetapkan dalam rapat pleno tersebut, tersebar di 240 desa dan 21 kecamatan se-Kabupaten Nunukan. Dan, 541 tempat pemungutan suara.

Ia juga mengaku bahwa jumlah TPS di Nunukan pun bertambah. Yakni 4 TPS di Kecamatan Nunukan Selatan, Sebuku, Sebatik Barat, dan Tulin Onsoi.

“Semula TPS itu 537, tapi karena ada penambahan DPT, maka ada penambahan TPS juga. Selanjutnya dari penetapan ini, kami bersiap untuk mencetak surat suara dengan ditambah 2,5 persen dari jumlah DPT,” ujarnya. ADV/*/ZUH/REY

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar