Kembangkan Usaha, Diskan Berikan Pengusaha Bimbingan Strategi

Dinas Perikanan Berau melaksanakan bimbingan manajemen usaha bagi pengolah hasil perikanan dan pembudidaya kolam terpal ikan lele.

TANJUNG REDEB, DISWAY – Pengusaha perikanan dibimbing. Oleh Dinas Perikanan Berau. Salah satunya tentang strategi pengembangan usaha.
Kepala Dinas Perikanan Berau, Tenteram Rahayu menyebut sebagai perhatian pemerintah terhadap pelaku usaha perikanan.

Nama kegiatannya, bimbingan manajemen usaha bagi pengolah hasil perikanan dan pembudidaya kolam terpal ikan lele. Dilaksanakan, Kamis (15/10).

Tenteram Rahayu mengungkapkan, sasaran kegiatan adalah pelaku usaha pemula yang memerlukan informasi. Tentang peraturan dan strategi pengembangan usaha.

“Kami ingin semua masyarakat yang terlibat dalam usaha perikanan dapat terfasilitasi,” ujarnya kepada Disway Berau, Jumat (16/10).

Baca Juga: Kembangkan Perikanan dengan Si Puri

Narasumberbta dari Dinas Kesehatan, Dinas Koperasi, Industri dan Perdagangan (Diskoperindag) serta Forum UMKM Berau. Pesertanya 25 orang.

“Kalau ditanya mengapa ada Dinas Kesehatan. Instansi ini memberikan materi bagaimana cara mengolah produk untuk lebih higienis,” katanya.

Dikatakan, kegiatan ini merupakan salah satu implementasi dari sistem kemitraan pelaku utama perikanan (Si Puri). Untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) bagi pelaku utama perikanan. Dalam rangka pengembangan usaha dan peningkatan kesejahteraan.

Kegiatan itu, tambahnya, diharapakan mampu meningkatkan kemampuan manajerial pelaku usaha. Juga memahami tentang keamanan pangan bagi konsumen dan strategi pemasaran di era digital.

“Pelaku usaha harus melek kemajuan teknologi. Tidak bisa kalau memasarkan produknya dengan metode atau cara lawas (kuno). Karena, saat ini zaman sudah berkembang dan pelaku usaha harus bisa mengikuti,” pungkasnya (FST)

Saksikan video menarik berikut ini: