Tak Sepakat, Bawaslu Tinggalkan Pleno DPT

Bawaslu Kaltara meninggalkan rapat pleno DPT Kaltara, karena masih ada data yang perlu diperbaiki. (zuhrie)

Tanjung Selor, Nomorsatukaltim.com Pelaksanaan rapat pleno KPU terkait penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kalimantan Utara, diwarnai aksi Walk Out (WO) dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Persoalannya, data perlu dilakukan perbaikan, karena masih ditemukan data ganda.

Diungkapkan anggota Bawaslu Kaltara Rustam Akif, berdasarkan analisa di lapangan ditemukan 528 data ganda di 4 kabupaten/kota se Kaltara.

“Data perlu diklarifikasi ulang, dari KPU Kaltara mengaku butuh waktu. Kami hanya menyampaikan rekomendasi temuan untuk ditindaklanjuti,” tegasnya, Sabtu (17/10).

Dia juga menyebut, ratusan data pemilih ganda yang ditemukan Bawaslu ini, belum termasuk dengan Kabupaten Bulungan, yang saat ini masih proses pemeriksaan Bawaslu Bulungan.

“Tidak menutup kemungkinan akan ditemukan juga data ganda di Kabupaten Bulungan. Makanya kami menolak sikap KPU yang tetap mengesahkan DPT ini,”jelasnya.

Bawaslu berkeinginan, apa yang menjadi temuan di lapangan ditindaklanjuti sebelum ditetapkan DPT. Apalagi, masih ada cukup waktu KPU untuk melakukan klarifikasi sebelum akhirnya menetapkan.

Hanya saja, KPU baru mau menindaklanjuti temuan Bawaslu setelah DPT ditetapkan. Makanya Bawaslu memilih meninggalkan ruangan pleno lantaran tidak sepakat dengan sikap KPU Kaltara.

“Hanya itu persoalannya, kenapa juga harus buru buru ditetapkan? Kami analisa sama-sama untuk mendapatkan data pemilih yang akurat,”bebernya

Baca juga: Bawaslu Dalami Dugaan Politik Uang

“Atas sikap KPU itu, kami akan koordinasi dengan pimpinan mengenai penetapan DPT ini melalu pleno di Bawaslu,” tambahnya.

Sementara itu, dari hasil pleno terbuka rekapitulasi DPT KPU Kaltara diketahui jumlah DPT 424.221 orang, atau bertambah 3.970 dari data DPS sebelumnya yakni 420.251.

Dari jumlah tersebut, jumlah pemilih laki-laki 220.370 orang dan pemilih perempuan 203.845 orang dengan jumlah TPS sebanyak 1.572 titik.

“Dengan ini ditetapkan jumlah DPT Kaltara sesuai dengan data yang telah di rekpitulasi dari 5 Kabupaten kota sejumlah 424.221 orang,”ucap Ketua KPU Kaltara Suryanata Al islami. (*/zuh/app)

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar