Sudah 5 Perusahaan Kaltim Melantai di Bursa

Balikpapan, nomorsatukaltim.com –Kondisi ekonomi meski pandemi tidak memengaruhi niat perusahaan untuk melantai ke bursa efek Indonesia.

Terbukti, ada dua perusahaan asal Kalimantan Timur melantai di bursa saham. Dengan bertambahnya dua perusahaan tersebut. Maka emiten dari Kalimantan Timur kini ada 5 perusahaan.

Dari lima perusahaan itu adalah Perdana Karya Perkasa (kode: PKPK) berdomisili di Kota Samarinda, Borneo Olah Sarana Sukses (BOSS) berdomisili di Muara Pahu Kutai Barat, Pradiksi Gunatama (PGUN) berdomisi di Paser. Kemudian Karya Bersama Anugerah (KBAG) dan Transkon Jaya (TRJA). Keduanya merupakan perusahaan yang berdomisili di Balikpapan.

Kepala Kantor Perwakilan Kalimantan Timur Dinda Ayu Amalia menjelaskan, jumlah perusahaan yang berminat masuk ke pasar modal melalui initial public offering (IPO) pada tahun ini bertambah.

“Ada cukup peningkatan untuk perusahaan yang listing di bursa efek Indonesia. Bahkan di masa pandemi ini ada 2 emiten asal Balikpapan yang mencatatkan sahamnya di BEI,” jelas Dinda Ayu Amalia pada Kamis (15/10/2020).

Dari kelima  emiten tersebut, yang berkantor pusat di Kaltim hanya 3 perusahaan. Yaitu PKPK yang mulai IPO pada 11 Juli 2007, kemudian KBAG tercatat IPO pada 8 April 2020 dan TRJA terdata menjadi IPO pada 27 Agustus 2020.

Baca Juga: Jumlah Saham Syariah Mendominasi Total Saham di BEI

BEI sendiri terus mendorong perusahaan baik besar maupun kecil untuk mencari pendanaan dari pasar modal seperti lewat IPO. Pihaknya terus melakukan pendampingan dan memberikan informasi yang dibutuhkan.

“Selain itu, sosialisasi go public baik dalam one on one meeting. Seminar atau workshop masih akan terus kita galakkan utamanya setelah kita memiliki beberapa perusahaan yang sudah IPO dari Kaltim atau Balikpapan,” ujar Dinda Ayu Amalia. (fey/eny)

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar