Festival Kudungga 2020 Sukses

Garapan UPTD Taman Budaya, Hadirkan Pedangdut Aly Aksyar

Samarinda, Nomorsatukaltim.com – Pemeran seni tari daerah dan penggiat musik tradisional harus tetap bangkit. Untuk tetap melestarikan budaya dan adat istiadat lokal warisan leluhur. Terutama di era pandemi COVID-19 ini.

Motivasi itulah yang mencetuskan Festival Kudungga 2020, Kamis (15/10/2020) kemarin. Dalam kompetisi seni tari daerah dan kreasi musik tradisional ini, menampilkan berbagai lomba permainan tradisional dan pameran seni rupa. Tentunya beragam hasil karya yang ditampilkan cukup memukau.

Acara tahunan yang tetap menerapkan protokol kesehatan ini digagas Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Taman Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim. Mengundang perwakilan 10 kabupaten/kota di Benua Etam.

Kegiatan yang dihelat di Jalan Kemakmuran Samarinda mulai Rabu (14/10/2020) ini, dibuka secara resmi Kepala Disdikbud Kaltim, Anwar Sanusi. Acara kian spesial dan berkesan. Karena mendatangkan bintang tamu Jebolan Audisi Pantura 4, Aly Aksyar. Tampak para tamu undangan larut dalam lantunan suara yang syahdu dan mendayu-dayu.

“Festival Kudungga ini merupakan wadah untuk menuangkan bakat, karya dan kreasi para pelaku seni di Kaltim. Khususnya bidang seni tari daerah dan musik tradisional sebagai ciri khas Kaltim. Ini modal untuk menyambut IKN harus dimulai dari sekarang,” jelas Anwar Sanusi pada Nomorsatukaltim.com di lokasi acara.

Festival Kudungga 2020 Sukses

Prestasi membanggakan. Perwakilan penari pesisir dan pedalaman ini yang meraih juara. Diserahkan oleh Ismid Rizal (tengah kemeja putih). (Ist)

Kedepan, jika pandemi sudah reda akan dilaksanakan acara lebih besar lagi. Misalnya pameran kesenian akbar dan rapat koordinasi (Rakor) kesenian. Tentunya juga bakal menampilkan berbagai atraksi kesenian daerah dari berbagai penjuru Kaltim.

“Pemerintah mengapresiasi para penggiat seni di Kaltim. Tetep semangat, Mudah-mudahan akhir tahun atau awal tahun depan semua bisa normal lagi,” pesan pria murah senyum ini.

Kepala UPTD Taman Budaya Kaltim, Ismid Rizal mengatakan dalam pelaksanaan banyak kendala teknis. Seperti penari harus terbatas, tanpa pendukung. Jadi hanya peserta lomba dan juri. Bahkan ada yang dilakukan penjurian secara virtual bagi perwakilan daerah yang tidak hadir. Namun tidak menyurutkan semangat panitia dalam menyukseskan Festival Kudungga 2020.

“Ini bentuk dukungan pada kebudayaan nasional, dengan harapan kedepan acara akan dilakukan yang lebih baik lagi. Sesuai arahan Pak Kadisdikbud Kaltim, guna menampung bakat dan karya penggiat seni. Juga untuk melestarikan budaya lokal warisan leluhur, yang menjadi ciri khas Kaltim,” ujar Ismid Rizal. (adv/hry/sam)

Para Pemenang Lomba Festival Kudungga 2020

A. Lomba Tari Pesisir

-Juara I, Kukar – Piala, Piagam dan Uang Pembinaan Rp 6 Juta

-Juara II, Kutim – Piala, Piagam dan Uang Pembinaan Rp 4,5 Juta

-Juara III, Samarinda – Piala, Piagam dan Uang Pembinaan Rp 3,5 Juta

B. Lomba Tari Pedalaman

-Juara I, Balikpapan – Piala, Piagam dan Uang Pembinaan Rp 6 Juta

-Juara II, Paser – Piala, Piagam dan Uang Pembinaan Rp 4,5 Juta

-Juara III, Kukar – Piala, Piagam dan Uang Pembinaan Rp 3,5 Juta

*Catatan: Kudungga adalah nama raja pertama kali yang berkuasa di Kerajaan Kutai Kartanegara Ing Martadipura

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar