Usulan BLK di Kukar Sudah Diterima Kemenaker

Kukar, nomorsatukaltim.com – Tak mau jadi penonton di rumah sendiri. Setelah ditunjuk menjadi kawasan Ibu Kota Negara (IKN). Kutai Kartanegara (Kukar) mulai bersiap diri. Mulai ciptakan pekerja siap pakai. Agar bisa bersaing dengan pekerja luar.

Caranya, dengan mengusulkan membangun Balai Latihan Kerja (BLK). Tepatnya di sekitar kawasan Sekolah Polisi Negara (SPN). Desa Jonggon A, Kecamatan Loa Kulu. Usulan pun sudah dilayangkan. Ke Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker). Di Direktorat Jenderal Pembinaan, Pelatihanvdan Produktivitas (Ditjen Binalattas).

“Sudah ada responlah dari pusat, respon positif,” ujar Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Distransnaker) Kukar Hamly, Kamis (15/10/2020).

Sebenarnya, akan dilakukan cek lapangan dalam waktu dekat ini. Namun, lagi-lagi COVID-19 jadi kendala. Sehingga rencana kunjungan tertunda. Jadi ia belum berani pastikan.

Rencananya, BLK akan dibangun dengan dana dari Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN). Akan fokus dan lebih spesifik ke pelatihan sektor pertanian dan perkebunan. Melihat potensi Kukar untuk pertanian dan perkebunan sangat besar.

“Biar tidak bergantung dengan sektor migas dan tambang,” lanjut Hamly.

Karena anggaran menggunakan struktur APBN. Kukar hanya kebagian siapkan lahan. Sekitar 20 hektar yang disiapkan. Dekat SPN.

Tentu hal positif bakal dikantongi. Untuk masyarakat Kukar, khususnya sekitaran Jonggon A. Karena kebutuhan tenaga pekerja untuk IKN diperkirakan melimpah.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar Sunggono pun mengamini hal tersebut. Meskipun belum tahu secara rinci terkait pembangunannya. Seperti siapa yang ditunjuk membangun, kapan pelaksanaan pembangunannya. Namun sejauh yang ia tahu, perencanaan itu ada di perencanaan tata ruang.

“Ada sih rencana di rencana tata ruang,” ujar Sunggono singkat. (mrf/ava)

Saksikan video menarik berikut ini: