Jalankan Amanat Bupati

Perumda Air Minum Batiwakkal bersama DPUPR Berau melakukan survei air bersih di Kampung Pilanjau.

Tanjung Redeb, Disway – Sudah jadi amanat Bupati Berau Muharram (almarhum) untuk mengolah air bersih hingga ke pelosok kampung. Dan itu dilaksanakan Perumda Air Minum Batiwakkal.

“Tolong Direktur PDAM berdiri. Saya instruksikan bukan hanya mengelola pelayanan air di wilayah perkotaan. Tapi sampai ke seluruh wilayah Berau.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Berau juga diminta berdiri oleh Pak Bupati. Diminta segera mengupayakan pelayanan air minum di Kampung Pilanjau,” begitu Direktur Perumda Air Minum Batiwakkal, Saipul Rahman menirukan kalimat Muharram.

Saat itu Muharram meresmikan fasilitas Kampung Pilanjau pada 24 Agustus 2020 lalu. Acara itu juga dihadiri Sekkab Berau, Muhammad Gazali dan Sri Juniarsih Maksir selaku Ketua PKK.

“Kami sangat mengingat amanat yang diberikan Pak Bupati. Dan kami realisasikan,” ujarnya kepada Disway Berau, Rabu (14/10).

Diakuinya, banyak kemajuan yang dicapai Kampung Pilanjau. Aliran listrik PLN, jalan mulus, sinyal 4G, fasilitas olahraga dan berbagai kemajuan lainnya.

“Dari berbagai fasilitas itu, warga belum mendapatkan air bersih dari Perumda. Padahal sangat dibutuhkan. Itulah sebabnya Bupati Muharram menginstruksikan khusus agar segera dilakukan pemenuhan fasilitas air bersih,” katanya.

Jika sudah terealisasi, tambahnya, akan tercatat sebagai amal baik almarhum.

Diungkapkannya, terkadang sebagai manusia, menganggap sepele. Padahal air bersih yang sehat membuat produktif.

“Jika sehat dan produktif, pembangunan di Berau akan berjalan dengan optimal. Secara singkat dapat kita katakan, jika air bersih terpenuhi maka hidup akan menjadi lebih jernih,” ungkapnya.

Amanat itu kini sudah dilakukan Perumda Air Minum Batiwakkal.

Seharian, Rabu (14/10), sudah melakukan proses.

“Setelah diskusi ringan di kantor kepala kampung, kami melakukan perjalanan off-road ke beberapa lokasi yang diharapkan dapat menyediakan air dalam debit besar dan berkelanjutan. Meski nantinya musim kemarau,” ujar Saipul.

Ia berterima kasih kepada Kepala Kampung Pilanjau, Burhanuddin Mide dan Kepala Dinas PUPR Andi Marewangeng. Yang merespons dan mendukung program itu. (ADV/FST)

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar