DER Balikpapan Prioritaskan Usulan Membantu UMKM Masa Pandemi

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Usai pelantikan pengurus, Dewan Ekonomi Rakyat (DER) Balikpapan dalam waktu dekat ini akan menyerap aspirasi masyarakat.

Dewan Ekonomi Rakyat merupakan wadah semesta rakyat Indonesia yang independen. Tujuannya untuk mempersatukan antar komponen/organisasi/institusi mewujudkan ekonomi rakyat yang mandiri. Dan menjadi mitra pemerintah dalam menggerakkan sektor riil, mengawal program ekonomi nasional, Trisakti dan Nawacita.

Ketua DER Balikpapan Ocky Boy Darwis mengungkapkan, kehadiran DER melaksanakan fungsinya sebagai penggerak ekonomi rakyat. Sebagai mitra pemerintah juga dapat mensinergikan pembangunan berkelanjutan. Khususnya dalam peningkatan ekonomi rakyat secara menyeluruh.

“Tujuan dari DER ini jelas ingin menjadi wadah yang mengayomi masyarakat. Karena DER programnya mengarah pada gerakan ekonomi rakyat. Kuncinya koordinasi antar lembaga. Insya Allah ekonomi rakyat akan tumbuh,” jelas Ocky, Kamis (15/10).

Di Balikpapan terdapat 80 orang pengurus. Kepengurusan diminta menjalankan bisnis dengan baik serta profesional. “Kita akan mengangkat ekonomi di Kota Balikpapan. Dengan koordinasi semua elemen. Syukur-syukur di 6 kecamatan yang mengangkat sisi ekonomi,” tukasnya. Apalagi di Balikpapan sebagai kota perdagangan, industri dan MICE Meeting, Incentive, Convention and Exhibition).

Baca Juga: Yuk, Beli Produk Tetangga Demi Bantu Penjualan UMKM

DER terdiri dari beberapa bidang. Di antaranya bidang pertanian dan perkebunan. Bidang perikanan dan peternakan, sumber daya manusia, ekonomi kreatif, bidang IT, digitalisasi, perdagangan umum, UMKM dan seni budaya.

Dia menambahkan sudah saatnya bersinergi dengan konsep gotong royong mengatasi perekonomian saat ini. “UMKM harus terus didorong untuk tumbuh dan berkembang,” tambahnya. (fey)

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar