Genjot APBD 2021

TANJUNG SELOR, DISWAY – Setelah mengesahkan APBD-P 2020, target DPRD Kaltara selanjutnya mempercepat pengesahan APBD 2021. Pengesahan akan dilakukan pada November.

“Untuk anggaran murni tahun 2021, bulan November 2020 sudah harus selesai. Kami tidak mau berlama-lama, karena anggaran itu bisa berdampak langsung bagi masyarakat,” ujar Ketua DPRD Kaltara, Norhayati Andris, Selasa (13/10).

Kata dia, memang ada beberapa kendala dalam pembahasan Rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2021.Sebab, DPRD masih harus menyinkronkan Permendagri Nomor 90 dan 64 untuk dilakukan penyesuaian di tingkat TAPD.

Namun, dia menegaskan awal November mendatang, harus ada pembahasan nota induk APBD. Dan, akhir November sudah ada pengesahan Raperda APBD 2021.

Norhayati menegaskan, keinginan DPRD mempercepat penyelesaian pembahasan dan penetapan APBD 2021, agar proses pemerintahan berjalan lancar. “Apalagi di situ termuat gaji-gaji pegawai dan lainnya,” ujarnya.

Terkait penanganan pandemik COVID-19. Dia berharap anggaran murni 2021 nanti bisa memaksimalkan membantu pelaku UMKM dan warga yang kesulitan akibat virus Corona.

Meski pandemik COVID-19 masih terjadi, dirinya belum bisa memastikan apakan pada APBD 2021 terjadi penurunan atau tidak. Hanya saja, bila melihat daerah lain dapat diyakini akan ada penurunan.

“Terkait penurunan, kami belum melihat secara rinci, tapi kemungkinan akan turun karena pandemik COVID-19,” ujarnya. */ZUH/REY

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar