Desak Pengadil Tersertifikasi


Al Hamid (DISWAY BERAU)

TANJUNG REDEB, DISWAY – Tak hanya fokus ke atlet. Ketua KONI Berau, Al Hamid juga mendesak agar wasit atau pengadil mumpuni.

Salah satunya dengan mengantongi sertifikat. Atau sudah tersertifikasi. Makanya, ia meminta pengurus cabang olahraga di bawah naungan KONI Berau untuk mengikuti pelatihan wasit. Sebab saat ini tidak semua cabor memiliki wasit.

“Saya tidak hafal ada berapa cabor. Tapi ada yang belum memiliki wasit. Diharapkan mengikuti sertifikasi wasit. Biasanya melalui pelatihan di tingkat provinsi,” ujarnya, Selasa (13/10).

Dikatakan, pelatihan wasit dan juri dilakukan pengurus provinsi masing-masing cabang olahraga setiap tahun. Itu sangat penting diikuti. Untuk persiapan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kaltim VII 2022 di Berau.

“Kalau tidak sempat tahun ini, masih ada waktu tahun 2021. Sejumlah cabor sudah ada yang mengikuti sertifikasi wasit dan juri di sejumlah daerah. Biasanya pengprov masing-masing cabor menyelenggarakan setiap tahun. Tapi ada cabor yang tidak sempat melaksanakan tahun ini karena terkendala COVID-19,” jelasnya.

Al Hamid mengaku, pelatihan sangat penting. Sebab kata dia, dalam pertandingan kadang terjadi masalah. Makanya, sebagai tuan rumah Porprov, ia berharap wasit dan juri di Berau dapat menjadi pengadil di Porprov yang bisa memberi solusi bila terjadi masalah.

“Sertifikasi menjadi salah satu syarat. Jadi bukan hanya atlet saja dipersiapkan, SDM juri dan wasit juga harus dilakukan,” tandasnya. (*)

Saksikan video menarik berikut ini: