Tim Monev KONI Kaltim Pantau Atlet dengan BFT

Samarinda, nomorsatukaltim.com –Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) KONI Kaltim telah membekali  atlet dengan Battery Fitnes Tes (BFT). Alat tersebut khusus untuk mengetahui perkembangan terkini atlet. Kondisi fisik dan pola latihan akan termonitor dengan berkala.

Tentu yang paling sederhana. Atlet yang malas-malasan berlatih di masa pandemi ini akan ketahuan.

Program Desentralisasi latihan pada era new normal ini. Mengharuskan atlet dan pelatih lebih inovatif. Jika pada kondisi normal atlet dapat latihan bareng. Dengan tatap muka maupun melakukan sparing.

Kini mereka (atlet), diwajibkan bisa menjaga kebugaran tubuh, mengikuti saran pelatih tentang porsi latihannya sendiri dari rumah masing-masing.

Battery Fitnes Tes (BFT) sendiri, merupakat alat kontrol latihan. Yang akan diambil laporannya setiap bulannya oleh Tim Monev KONI Kaltim. Dimaksudkan, supaya kondisi atlet dapat termonitor setiap saat perkembangannya.

Sejauh mana mereka berlatih, termasuk di dalamnya tak luput perhatian pelatih terhadap anak didiknya yang kemudian diawasi oleh Tim Monev..

Disampaikan oleh Mochdar, Wakil Sekretaris Tim Monev KONI Kaltim. Langkah ini diambil karena kondisi pandemi yang tak kunjung mereda. Sementara pelaksanaan PON  maupun Pra-Porprov 2021 nanti kudu dipersiapkan dengan baik.

“New normal, atlet harus dapat melakukan latihan dengan benar dari rumah masing-masing, tetap menjaga kebugaran tubuhnya, diharapkan lebih kepada atlet yang sudah lolos PON Papua tentunya,” ujar mantan atlet angkat besi itu.

Meski Tim Monev KONI Kaltim juga tak menampik. Beberapa cabor masih melakukan latihan dengan sparing. Karena memang suatu kebutuhan guna mengukur peningkatan kualitas atletnya. Seperti atlet bela diri dan tinju. Hal tersebut dapat dimaklumi selama masih mengedepankan protokol kesehatan yang telah di atur oleh pemerintah.

“Berbeda dengan atletik atau lari misalnya, mereka masih sangat bisa dengan latihan mandiri. Sekian detik berapa peningkatanya,” tutup Mochdar. (frd/ava)

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar