Dies Natalis Polnes ke-33

Bangkit Berinovasi di Tengah Pandemi

Samarinda, Nomorsatukaltim.com – Politeknik Negeri Samarinda (Polnes) 10 Oktober 2020 kemarin, telah berusia 33 tahun. Agenda Dies Natalis digelar dengan sederhana namun penuh makna. Yakni tasyakuran, doa bersama dan potong tumpeng yang ikuti perwakilan akademika.

Momen spesial yang dihelat di Gedung Rektorat Polnes Jalan Cipto Mangunkusumo itu, mengutamakan protokol kesehatan. Dilanjutkan Webinar dengan para tokoh pendidikan dan pejabat di Kampus Hijau itu. Bertema “Polnes Bangkit di Masa Sulit, Inovasi di-Era Pandemi”.

Acara rutin tahunannya untuk memperingati hari lahir kampus itu kian berkesan. Karena dalam Webinar dihadiri Direktur Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi Kemendikbud RI, Benny Bandanajaya.

“Kami berharap Polnes mampu beradaptasi terhadap situasi yang ada. Sehingga Polnes tetap unggul di tangga nasional dan global,” harap Benny dalam sambutannya.

Benny menjelaskan agar kebijakan pendidikan di masa pandemi COVID-19 ini, keselamatan dan kesehatan jadi priorotas utama. Yakni dalam menetapkan kebijakan dalam pembelajaran di kampus.

Dies Natalis Polnes ke-33

Penghargaan tertinggi ditandai dengan pemotongan tumpeng pertama pada Ibayasid (kiri) dari Ramli (tengah) dan Zainuddin Mohraga (kanan). (Polnes untuk Nomorsatukaltim)

Prioritas kesehatan itu diperuntukan bagi peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga dan masyarakat. Jadi keberlangsungan dan penyelesaian kegiatan pendidikan jadi pertimbangan utama.

Direktur Polnes, Ramli mengatakan, meski dihadapkan dengan pandemi COVID-19, namun tidak menyurutkan semangat Polnes terus berinovasi. Hal ini terbukti Polnes terus bangkit dari keterpurukannya di bidang akreditasi. Yakni tujuh Program Studi (Prodi) yang diajukan untuk peningkatan akreditasi lancar naik status. Yakni lima diantaranya akreditasinya naik menjadi B.

“Kami menyampaikan penghargaan dan ucapan terimakasih kepada mantan Direktur Polnes sebelumnya dan para tokoh yang sudah berjuang membesarkan Polnes. Seperti Bapak Ibayasid dan Zainuddin Mohraga Direktur Polnes periode 1989-1997 serta lainnya,” jelas Ramli didampingi Wadir I, Budi Nugraha dan Wadir II, Dedy Irawan pada Nomorsatukaltim.com baru-baru ini.

Cukup banyak inovasi dan kreativitas yang sudah dihasilkan oleh dosen dan karyawan Polnes tahun ini. Polnes sudah menciptakan Smart Energi yang digagas Program Studi (Prodi) Elektro. Bahkan, sistem magang mahasiswa dilakukan online.

Dies Natalis Polnes ke-33

Syukur dan terus berkarya, serta mengutamakan kesehatan dalam pendidikan akan membuat Polnes kian unggul dalam mencetak SDM. Terbukti saat ini berbagai prodi di Polnes terakreditasi B. (Polnes untuk Nomorsatukaltim)

Ramli mengimbau agar semua civitas akademika, staf dosen, karyawan Polnes senantiasa bersyukur. Terutama di usia Polnes yang ke-33. Terlebih di masa pandemi ini.

Kemudian Polnes selalu memantapkan niat untuk terus maju dalam meningkatkan kualitas. Dengan mengeluarkan banyak karya. Sehingga, mampu eksis sebagai Politeknik yang unggul di 2020.

“Kami berharap Polnes terus meningkatkan prestasi dan inovatif. Sehingga, siap berkontribusi mengembangkan mutu sumber daya manusia (SDM) alumni Polnes kelak,” pungkas Ramli diamini Wadir III, Ahyar Muhammad Diyah dan Humas Fathamsyah. (adv/top/sam)

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar