PERCASI Kaltim Targetkan Emas PON 2021

Samarinda, nomorsatukaltim.com – Pengprov Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PERCASI) Kaltim tak mau main-main di PON nanti. Sebaliknya, mereka akan menjadikan PON XX Papua sebagai ajang pembuktian. Untuk meraih medali emas.

Catur memang akan jadi salah satu cabor yang diandalkan Kaltim untuk mendulang banyak medali emas. Untuk memenuhi taget besar Benua Etam. Apalagi di Pra PON lalu, tim catur mampu meraup 3 medali. Maka dari itu, PERCASI terus mematangkan persiapan. Agar ekspektasi yang diamanatkan ke mereka tak berujung kekecewaan.

Tim catur Kaltim akan mengirimkan 1 tim. Terdiri dari 1 atlet senior putra U-60, 1 putri perorangan, dan 1 regu putri. Sebelumnya pada Pra PON mereka mendapatkan variasi medali . U-60 dengan emasnya, perorangan putri dengan medali perak dan regu putri memperoleh perunggu.

Ketua Harian Pengprov PERCASI Kaltim, Akhmad Albert menuturkan. Pembinaan atlet telah dimonitor dengan baik, para atlet juga mengasah kemampuan lewat kejuaraan lokal. Itu dianggap bagus untuk pengembangan mental atlet. Komunikasi dengan para pelatih harus dijaga, guna melihat perkembangan atletnya.

“Kami Pengprov dan KONI Kaltim selalu bersinergi dalam memantau latihan atlet, melalui pengurus dan pelatih. Mereka harus lebih diperhatikan untuk tujuan medali emas PON XX Papua nanti,” tuturnya kepada Disway, Senin (12/10/2020).

Menilik ke belakang. Pada PON XIX Jawa Barat tahun 2016. Catur Kaltim bukanlah peserta penggembira. Itu dibuktikan dengan perolehan enam medali. Meski hanya satu emas.

Sejak itu, pendidikan atlet dan pola latihan intensif terus digencarkan. Baik Pengprov dan KONI Kaltim berupaya memenuhi fasilitas latihan para atlet.

“Kita berharap realistis ya. Tetapi realistis terbaik dengan medali emas yang diperjuangkan. Mari bersama-sama Kaltim torehkan sejarah dengan prestasi terbaiknya,” seloroh Ketua Umum PERCASI kaltim, Andi Harun di sela wawancara dengan Albert. (frd/ava)

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar