Pancing Pasar dengan Produk Baru, Langsung Dipesan 9 Unit

Samarinda, nomorsatukaltim.com – Lesunya pasar otomotif sejak pandemi dihadapi PT Toyota-Astra Motor dengan meluncurkan produk baru New Hilux 2020. Yang dilakukan serentak di 4 provinsi dan 8 kota besar.

“Kita membuat sesuatu yang baru. Kalau penampilan sama dengan kondisi begini kan tidak menarik. Kita berusaha memancing pasar,” kata Sales Supervisor Auto 2000 Sempaja Samarinda Edy Mulyanto, dalam press conference New Hilux di Samarinda, Sabtu (10/10/2020). 

Ia menyebut, beberapa sektor seperti pariwisata dan transportasi memang terpuruk. Namun, Edy menyebut, target pasar New Hilux sudah terbentuk. Kendaraan jenis truk pick-up ini lebih diarahkan pada sektor rental dan logistik. Di mana pemenuhan kebutuhan akan sektor tersebut terus berjalan di tengah pandemi.

Baca Juga: Daihatsu Pimpin Pasar saat Pandemi

Tren penjualan produk Toyota sendiri, kata Edy, memang mengalami penurunan yang signifikan. Bahkan pihaknya, belum mampu mencapai 80 persen target penjualan. Dengan produk baru ini, diharapkan penjualan bisa meningkat.

Strategi pemasaran itu nyatanya berhasil. Pada saat produk ini di-launching Sabtu lalu. Sudah ada 9 permintaan untuk produk New Hilux 2020.

Terpisah, Branch Head Auto 2000 Sempaja Samarinda Ilyas Fajar Martono menjelaskan, di tengah situasi pandemic, kehadiran New Hilux diharapkan dapat memberikan kontribusi positif pada industri otomotif nasional. Khususnya wilayah Kalimantan dan Bali. Apalagi saat ini Hilux tidak hanya dipakai sebagai armada bisnis, tapi juga dimanfaatkan sebagai moda transportasi warga perkotaan.

“New Hilux merupakan implementasi komitmen Toyota untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di masa adaptasi new normal. Dengan mengoptimalkan mobilitas bagi dunia usaha agar roda ekonomi tetap berputar,” ungkap Ilyas.

Hilux sendiri, merupakan produk global Toyota yang dipasarkan di berbagai negara. Generasi pertama diluncurkan pada 1968. Dan total penjualan sampai generasi ke-8 saat ini sudah mencapai 19 juta unit.

Sementara di Indonesia, kendaraan komersial Toyota ini juga memegang peran penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. Hilux pernah menjadi salah satu pilihan kendaraan masyarakat Indonesia di kurun waktu 1977 hingga 1979.

Pada 2006, Hilux kembali masuk ke Indonesia dan berhasil menarik perhatian. Kemudian menjadi bagian dari Innovative International Multi-purpose Vehicle (IMV) project. Dan hingga kini secara Whole Sales angka penjualannya sudah mencapai 116.428 unit. Hilux menjadi pilihan utama pengusaha di berbagai bidang. Di antaranya pertambangan, perkebunan, manufaktur, dan logistik.

Keunggulan New Hilux 2020 dibanding generasi sebelumnya, adalah dengan sentuhan penyegaran pada model D-Cab. Terlihat pada aplikasi grille trapezoidal tebal yang begitu mendominasi. Desain bertema 3 dimensi begitu menonjol di bagian bumper depan. Sehingga terlihat atraktif dan berkelas.

Untuk harga OTR Kaltim, Hilux Double Cabin 4×4 dibanderol dengan harga mulai dari Rp 449 juta hingga Rp 520 juta. Sedangkan, Hilux Single Cabin 4×2 dijual dengan harga Rp 258 juta. (krv/eny)

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar