KONI Kaltim Targetkan Keanggotaan Cabor Eks PABBSI Selesai di Rapat Anggota 2020

Samarinda, nomorsatukaltim.com – Dari sekian banyak agenda penting yang akan dibahas pada Rapat Anggota 2020. KONI Kaltim punya target khusus. Yakni berkaitan dengan status cabor eks PABBSI. Yang tahun ini dipisah menjadi 3 cabor berbeda.

Pengesahan Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI), Perkumpulan Angkat Berat Seluruh Indonesia (Pabersi), serta Perkumpulan Binaraga dan Fitnes Indonesia (PBFI). Sangatlah penting bagi kontingen Kaltim.

Karena tiga cabor eks PABBSI tersebut sangat diandalkan untuk meraup banyak medali di PON XX Papua tahun depan. Dan kesempatan memasukkan tiga cabor itu ke naungan KONI Kaltim hanya di agenda Rapat Anggota tahun ini.

Tahun depan tak akan sempat lagi. Karena PON akan dihelat pada Oktober. Alias lebih dulu ketimbang Rapat Anggota. Yang lazimnya digelar November atau Desember.

Selain untuk kebutuhan di ajang 4 tahunan itu. Pengesahan PABSI, Pabersi, dan PBFI tahun ini akan sangat vital untuk proses persiapan Pra Porprov Kaltim. Yang akan dilangsungkan tahun depan. Alias setahun sebelum Porprov tahun 2022.

Proses pengesahan kepengurusan di KONI Kaltim ini idealnya tak sulit. Karena dari Pengurus Besar (PB) masing-masing cabor sudah menerbitkan SK. Terlebih ketika masih jadi satu naungan di bawah PABBSI. Ketiga cabor juga sudah punya kepengurusan masing-masing. Kini tinggal keseriusan pengurus provinsi dan kota/kabupaten saja.

“Penting sekali keanggotaan cabor eks PABBSI itu, Pengkab/kota supaya bisa memprioritaskan proses keanggotannya di KONI Kaltim,” Jelas Zulkarnain, Ketua Bidang Media dan Humas KONI Kaltim.

“Toh, dari PB juga sudah keluar SK-nya kepada Pengprov. Tinggal Pengkab/kota susulkan kepengurusannya masing-masing,” tambahnya.

Sisa waktu sampai bulan depan diharapkan Zul –sapaannya- bisa dimaksimalkan dengan baik oleh pengurus cabor. Baik di provinsi maupun di daerah. Karena syarat mengikuti PON haruslah masuk naungan KONI daerah. Dalam hal ini KONI Kaltim.

Jika tidak tergabung, maka hasil Pra PON lalu tak berguna sama sekali. Imbas lebih besarnya adalah akan mempengaruhi perolehan medali kontingen Kaltim di PON nanti. Bukan apa-apa, tiga cabor tersebut masing-masing meraih 2 medali emas di Pra PON lalu.

Selain PABSI, Pabersi, dan PBFI. KONI Kaltim juga berharap cabor sambo bisa menyelesaikan hal serupa pada Rapat Anggota KONI Kaltim tahun ini.

“Termasuk cabor sambo ya, kita harapkan keanggotaanya bisa kelar, meski tidak di pertandingkan di PON nanti. Tetapi atlet sambo Kaltim merupakan peraih medali emas pada Sea-Games Filiphina 2019 kemarin,” tutupnya. (frd/ava)

Saksikan video menarik berikut ini: