Kadiskes PPU Soal Jenis Masker: Yang Penting Pakai Masker Dulu

PPU, nomorsatukaltim.com – Dinas Kesehatan (Diskes) Penajam Paser Utara (PPU) belum fokus. Dalam mensosialisasikan jenis-jenis masker yang ideal. Yang  katanya efektif menangkal COVID-19.

Sebelumnya pada 16 September lalu, Kemenperin menetapkan standarisasi masker. Untuk jenis masker kain. Yang belakangan banyak digunakan masyarakat.

Tapi lebih lanjut, masker kain SNI ternyata belum diwajibkan pada produsen atau pengguna. Baru sekedar acuan standard masker saja. Agar ke depan mutu masker lebih baik lagi.

“Saya sangat setuju dengan masker itu. Untuk mencegah penularan. Untuk jenisnya belum. Yang penting pakai dulu,” kata Kepala Diskes PPU Arnold Wayong, Senin (12/10/2020).

Yang penting pakai dulu ini, menarik. Karena perkara masker kain SNI atau tidak. Mestinya tidak menjadi polemik saat ini. Terpenting adalah masyarakat patuh dulu terhadap kewajiban menggunakan masker. Termasuk juga menjaga jarak dan mencuci tangan. Agar minimal, diri sendiri tidak terpapar COVID-19. Sehingga rantai penularan pun bisa dikendalikan.

Yang menjadi titik berat adalah. Lebih pada cara menggunakan maskernya. Mau sebagus apa pun kualitas masker. Jika yang ditutup hanya mulut atau malah dagu. Tentu tidak aka nada gunanya juga.

Arnold menjelaskan, Kementerian Kesehatan sudah mengimbau masyarakat. Untuk memakai masker yang baik dan bahan yang benar.

Ada 3 jenis masker yang direkomendasikan. Yakni masker N95, masker bedah, dan msker kain.

“Kalau yang berlapis itu bisa sampai 70 persen. Kalau seperti di rumah sakit ,N95 itu 100 persen,” jelasnya.

Yang tidak dianjurkan ialah masker buff atau masker scuba. Karena begitu masker tersebut ditarik pori-porinya akan terbuka lebar. Masker tersebut tidak memenuhi syarat.

“Itu (masker scuba dan buff) memang tingkat presentasi pencegahannya itu rendah. Tidak sampai 10 persen pencegahannya,” lanjutnya.

Namun begitu, ia tidak ingin menerapkannya secara tegas. Ia lebih ingin untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dahulu.

“Saya tidak mau nanti ada yang terpengaruh. Membedakan antara yang satu dengan yang lain,” sebut Arnold.

Jadi untuk penggunaan jenis masker yang benar itu, masih sebatas anjuran saja. Juga imbauan saat penegakkan Peraturan Bupati (perbup) PPU nomor 38 soal protokol kesehatan (prokes).

“Dalam penerapan disiplin protokol kesehatan yang terpenting dia pakai masker dulu. Setelah itu diberitahu sebaiknya besok-besok pakai masker yang berlapis-lapis,” pungkasnya. (rsy/ava)

Saksikan video menarik berikut ini:

Komentar